KPI Gelar Survei Acara Televisi di UIN Jakarta

Rg. Diorama, Berita UIN Online— Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menggelar Survei Indeks kualitas Program Siaran TV di UIN Jakarta, Selasa (25/08). Kegiatan dilaksanakan untuk menilai kualitas tayangan sepanjang tahun 2015, termasuk memilih tayangan berdasar manfaat, aspek edukatif, sisi inovatif dan pengaruh konstruktif.

Keterlibatan dalam survei, tutur Ketua LP2MDr M Arskal Salim GP MA Ph.D memungkinkan civitas UIN Jakarta berkontribusi dalam menseleksi tayangan televisi berkualitas. “UIN Jakarta sebagai lembaga pendidikan, memiliki peran penting dalam rangka mensortir acara-acara televisi yang cukup berpengaruh bagi pembentukan generasi bangsa,” paparnya.

Sekedar informasi, survei program siaran TV di UIN Jakarta dilakukan untuk ketiga kalinya. Dua kegiatan survei sebelumnya dilakukan di Fakultas Psikologi, Kampus II UIN Jakarta.

Dalam survei, responden akan mendapatkan dua buah kuesioner, A dan B. Pada kuesioner A,responden diminta memberikan penilaian terhadap program televisi secara umum. Sedangkan pada kuesioner B, responden diminta menilai program acara pilihan.

Beberapa program yang dinilai seperti sinetron, film, Film TV, infotainment, variety show, talkshow, religi, wisata, budaya, komedi dan program anak. Sementara unsur penilaian diantaranya, tayangan bersifat informatif, edukatif, pluralisme, norma kesusilaan, privasi, perlindungan anak.

Khusus unsur penilaian program berita mencakup akurasi dan keberimbangan, perlindungan kepentingan publik, penghargaan narasumber, faktual, verifikasi, dan independensi. Sedangkan klasifikasinya mencakup sangat tidak berkualitas,tidak berkualitas, kurang berkualitas, berkualitas, dan sangat berkualitas. (TAM/ LRF)