Kembali, Peminat SPAN PTKIN UIN Jakarta Raih Angka Tertinggi

Rektorat, BERITA UIN Online— Peminat yang mendaftarkan diri ke UIN Jakarta melalui jalur SPAN PTKIN 2017 menduduki posisi tertinggi, yaitu sebanyak 57.044 orang. Sedangkan pendaftar ke UIN Jakarta yang dilansir pukul. 10.38 WIB, mencapai angka 28.621 orang. Data ini diperoleh dari Panitia Pusat SPAN PTKIN 2017 yang dilansir, Kamis (06/04).

Angka tersebut besar kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini, sejalan dengan waktu pendaftaran SPAN PTKIN yang akan ditutup esok, Jumat (07/04).

Saat ditemui BERITA UIN Online, Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi UIN Jakarta Feni Arifiani MH mengatakan, data tersebut menunjukkan peminat UIN Jakarta tiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Pasalnya, hal ini sejalan dengan pencapaian dan perkembangan UIN Jakarta dalam bidang pendidikan dan mutu pelayanan.

“Selain sosialisasi yang terus dioptimalkan kepada masyarakat, perkembangan dan pencapaian UIN Jakarta selama ini sangat mempengaruhi minat masyarakat untuk mendaftarkan putra-putrinya ke kampus ini,” jelas Feni.

Di lain kesempatan, rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA mengatakan, tingginya angka pendaftar di UIN Jakarta menunjukkan kualitas pendidikan, pelayanan, dan fasilitas yang terus disempurnakan.

“UIN Jakarta akan senantiasa berbenah diri dan meningkatkan kualitas pendidikan serta layanan kepada mahasiswa, dosen, juga seluruh sivitas akademik, agar mampu mengembangkan keilmuan dan keislaman sejalan dengan cita-cita UIN menjadiWorld Class University (WCU) yang bermanfaat bagi Agama, Nusa, dan Bangsa,” ungkapnya.

Ditambahkan rektor, dengan banyaknya pendaftar di UIN Jakarta, maka seleksi masuk untuk menjadi mahasiswa akan semakin ketat. Dengan demikian, hanya orang-orang terbaiklah yang akan diterima untuk mengenyam bangku perkuliahan di UIN Jakarta. “Dalam menyeleksi mahasiswa baru, profesionalisme senantiasa diutamakan. Selain itu, semua proses penerimaan mahasiswa baru mengikuti birokrasi dan aturan yang ada,” tandas Guru Besar Metodologi Penelitian Pendidikan UIN Jakarta tersebut.

Sebagai informasi, masih dari data yang sama, diketahui UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menempati posisi kedua peminat terbanyak, yaitu sebanyak 56.094 orang, dan di posisi ketiga ditempati oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu sebanyak 43.414 peminat. (lrf/mr)