Kata Pembukaan Ketua Senat Universitas

Ketua Senat UIN Jakarta Prof. Dr. H.M. Atho Mudzhar

Ketua Senat UIN Jakarta Prof. Dr. H.M. Atho Mudzhar

Yth. Saudara Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Yth. para Wakil Rektor, para Dekan, para Guru Besar, para Pejabat Struktural dan Fungsional, para Dosen, para Tamu Undangan Wali Wisudawan dan Wisudawati, para Wisudawan dan Wisudawati, dan Hadirin Sekalian.

Upacara Wisuda UIN Jakarta ke-97 hari ini, Sabtu 22 Agustus 2015, diselenggarakan hanya lima hari setelah kita memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tanggal 17 Agustus yang lalu. Kiranya cukuplah momentum ini mengingatkan para wisudawan dan wisudawati bahwa tantangan dan tugas saudara-saudara ke depan ialah bagaimana mengisi kemerdekaan Republik Indonesia itu.

Sebagian wisudawan/wisudawati hari ini mungkin akan langsung masuk ke pasar kerja dan mengabdi kepada masyarakat sebagai guru, hakim, pengacara, pelayan kesehatan rakyat, penerjemah, jurnalis, peneliti, muballigh, pegiat LSM, laboran, aktifis partai politik, tenaga administrasi, konsultan, pegawai perbankan, wirausaha, dan lain-lain. Sebagian wisudawan/wisudawati lainnya mungkin ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk lebih meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia Indonesia.

Kami ingin berpesan bahwa di manapun saudara-saudara para wisudawan dan wisudawati akan bergerak dan bekerja setelah ini, hendaknya saudara terus dan selalu berupaya meningkatkan mutu atau kualitas diri di bidang ilmunya masing-masing. Kompetisi pasar kerja sekarang ini semakin tinggi, baik pada tataran lokal, nasional maupun internasional, sehingga hanya mereka yang terbaiklah yang akan bertahan eksis dan berkembang di masa depan.

Kemudian selain peningkatan keahlian itu. ingatlah bahwa terdapat dua kualitas utama yang harus selalu menghiasai setiap wisudawan dan wisudawati perguruan tinggi Islam seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu iman yang kuat kepada Allah SWT dan akhlak atau kepribadian yang mulia. Setiap pengabdian kemanusiaan demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia serta umat manusia, hanya akan mempunyai kedalaman arti dan kesempurnaan bentuk jika dilandasi oleh Iman kepada Allah SWT dan akhlak atau kepribadian yang mulia.

Saudara Rektor, para wisudawan dan wisudawati, serta hadirin para undangan yang kami hormati. Demikianlah sebagai kata pembuka. Selanjutnya kami persilahkan Saudara Rektor untuk memimpin upacara wisuda ini.

                                                          Prof. DR. H.M. Atho Mudzhar