Karya Inovasi Sumbangkan Perunggu

159

Romi Irawan

Banda Aceh, BERITA UIN online – Satu lagi medali diraih tim UIN Jakarta. Kali ini medali perunggu ditoreh Romi Irawan di cabang karya inovasi pada Pionir VIII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang digelar di kampus UIN Banda Aceh, Jumat (28/4/2017). Sedangkan peraih medali emas dan perak masing-masing dari IAIN Ambon dan UIN Banda Aceh.

Pada lomba tersebut, Romi mempresentasikan karya inovasi berupa sistem aplikasi mobile berbasis online,  Tell Me About Your Lesson Today  (TAYLT). Menurut Romi, aplikasi berbasis artifical  intelegensi mobile ini merupakan cara-cara untuk memberi sugesti para pelajar pada semua mata pelajaran mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga menengah (SMP/SMA). Melalui aplikasi ini pelajar diharapkan memahami pelajaran dengan mudah dan cepat.

Untuk pembuatan aplikasi, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi itu mengaku tidak sendirian, melainkan dibantu Muammar Iqbal (mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi).

“Dia (Muammar Iqbal, Red) seharusnya ikut mempresentasikan juga. Tapi karena alas an satu dan lain hal terpaksa tidak bisa ikut,” ungkap Romi.

Atas tambahan medali dari cabang karya inovasi ini, pengumpulan medali kontingen UIN Jakarta hingga hari kedua Pionir baru mencapai tiga keping.

Pada Sabtu (29/4/2017) pagi, kontingen UIN Jakarta akan tampil final di sejumlah cabang olahraga (cabor) dan seni, seperti bulu tangkis, tenis meja, silat, syarhil Qur’an, tahfidz, dan tilawah. (ns)