Jalur SNMPTN Dibuka, UIN Jakarta Tawarkan 24 Prodi

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta bersama 75 perguruan tinggi negeri (PTN) lain di seluruh Indonesia mulai menerima calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pembukaan jalur tersebut dilakukan serentak mulai hari ini di seluruh PTN peserta SNMPTN.

Kepala Publikasi dan Dokumentasi UIN Jakarta Feni Arifiani MH kepada BERITA UIN Online di gedung Rektorat, Selasa (21/2/2017), mengatakan, UIN Jakarta pada jalur ini hanya menawarkan sebanyak 24 program studi (prodi), yaitu 13 prodi untuk kelompok IPA dan 11 prodi kelompok IPS.

“Peserta yang dapat mendaftar adalah siswa yang dinyatakan layak berdasarkan ketentuan Panitia Pusat SNMPTN 2017,” katanya.

Feni menjelaskan, proses pendaftaran jalur SNMPTN dilakukan secara online melalui laman web.snmptn.ac.id. Setiap siswa hanya dapat melakukan satu kali pendaftaran, sehingga diminta berhati-hati saat menetapkan pilihan prodi dan PTN yang dituju.

“Jadi, jangan salah pilih. Pastikan bahwa program studi yang dipilih sesuai minat dan kemampuan serta sesuai dengan jurusan asal siswa,” katanya.

Prodi yang ditawarkan di UIN Jakarta untuk kelompok IPA meliputi Biologi, Matematika, Farmasi, Fisika, Kimia, Ilmu Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Dokter, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Sistem Informasi, Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis), dan Teknik Informatika. Sedangkan untuk kelompok IPS, prodi yang ditawarkan adalah Akuntansi, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Politik, Kesejahteraan Sosial, Manajemen, Psikologi, dan Sosiologi.

Sesuai ketentuan Panitia SNMPTN 2017, pendaftaran jalur prestasi siswa ini tidak dipungut biaya. Siswa dapat langsung mendaftar setelah dinyatakan memenuhi syarat yang sebelumnya harus dipenuhi, seperti memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sekolah asal siswa memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan sekolahnya telah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) secara benar. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.

Pembukaan melalui jalur SNMPTN akan berlangsung hingga 6 Maret 2017 mendatang. Adapun pencetakan kartu peserta pada 14 Maret-14 April 2017 dan seleksi pada 15 Maret-15 April 2017. Sedangkan pengumuman kelulusan hasil seleksi akan dilakukan pada 26 April 2017. (ns)