International Student Leadership Camp UIN ke-3 Kembali Digelar

Bogor, BERITA UIN Online— Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta mengadakan International Student Leadership Camp di Wisma Industri, Tugu puncak Bogor, Selasa-Rabu (24-24/11). Acara ini diikuti oleh perwakilan dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan mahasiswa asing. Dengan mengangkat tema “Promoting Global Peace” acara ini diharapkan mampu menimbulkan semangat mahasiswa untuk terus menyebarkan virus-virus perdamaian global.

Wakil rektor bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta Prof Dr Yusron Razak MA berharap, acara ini mampu memberikan bekal kepemimpinan kepada mahasiswa, dan melatih kepekaan mahasiswa terhadap isu-isu yang berkembang baik di tingkat nasional maupun internasional.

Panitia acara, R. Trisno Muh., Riyadi ketika ditemui tim Berita UIN Online mengatakan, acara leadership Camp dilaksanakan di Gd. Kopertais UIN Jakarta dan Puncak Bogor. Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini dibagi dalam tiga Group diskusi. Group pertama membahas global peace ditinjau dari perspektif Agama, kelompok kedua membahas global Peace ditinjau dari perspektif kemanusiaan dan pendidikan, sedangkan kelompok keriga, membahas global peace ditinjau dari ekonomi politik.

Trisno melanjutkan, diantara hasil rekomendasi acara adalah terbentuknya Global Peace Alliance UIN Jakarta sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antar alumni pelatihan. Diharapkan juga dari organisasi ini muncul inisiatif untuk menyelenggarakan berbagai seminar, workshop, diskusi, pelatihan, pameran, penerbitan, dan penguatan jaringan dengan isu-isu perdamaian dunia.

Sebagai informasi, selain perwakilan dari DEMA-U, SEMA-U, DEMA –F, SEMA –F, UKM, hadir juga mahasiswa dari Jepang, Thailand, Afrika Selatan, Timor Leste, Malaysia, Tajekistan, Palestina, dan Gambia. (TAM)