Integrasi Pengetahuan dan Agama Sebagai Pembangun Tiang Bangsa

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2016

Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2016

Oleh : Prof. Dr. Dede Rosyada MA

Sambutan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pada Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK)

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Yang terhormat:

– Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

– Wali Kota Tangerang Selatan

– Ketua, Sekretaris serta Anggota Senat Universitas

– Para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan Kepala Biro

– Para sivitas akademik UIN Jakarta,

– Ketua dan pengurus DEMA UIN Jakarta,

– dan anak-anakku mahasiswa baru UIN Jakarta yang saya banggakan.

 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang Maha Ghofur, yang telah melimpahkan hidayah dan karunia-Nya serta memberi kita umur, untuk bisa berkumpul, bersilaturrahim pada pembukaan acara Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) atau Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2016 ini. Lebih dari itu, acara ini diharapkan menjadi salahsatu medium untuk saling mengenal (ta’aruf) antar mahasiswa dan juga mengenalkan mahasiswa baru pada komponen birokrasi akademik yang ada dan telah berjalan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bapak Menteri serta hadirin sekalian yang berbahagia

Kepada mahasiswa baru, mewakilli seluruh sivitas akademi UIN Jakarta, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan kalian melampaui seleksi dan tes yang ketat, sehingga diterima sebagai mahasiswa di kampus tercinta ini. Ahlan wa sahlan bi hudurikum.

Dengan melihat jumlah pendaftar tahun ini dari lima jalur masuk UIN Jakarta mencapai angka 75.235 orang, hal ini membuktikan bahwa untuk mendapatkan “kursi” di UIN Jakarta bukanlah hal yang mudah, dengan perbandingan 1:10 orang. Jadi, saat tes kalian harus bersaing dan mengalahkan setidaknya 10 orang teman kalian yang juga mengikuti tes untuk masuk UIN Jakarta.

Oleh karenanya, gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin, dengan belajar bersungguh-sungguh, dan menaati kode etik yang berlaku, serta menjaga nama baik UIN Jakarta sebagai almamater kalian. Kalian diperbolehkan bergabung dengan berbagai organisasi intra kampus dan unit-unit kegiatan kemahasiswaan atau UKM yang ada di kampus ini. Namun,  perlu digarisbawahi bahwa tujuan utama kalian datang ke kampus ini untuk kuliah atau belajar, baik secara formal maupun non formal, akademis maupun non akademis, maka manfaatkan sebaik mungkin kesempatan tersebut.

Anak-anaku yang berbahagia

Ada hal yang perlu diketahui sebagai rasa syukur kita (tahadus bi an nikmah), bahwa saat ini UIN Jakarta telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas unggulan, baik dalam maupun luar negeri. Mahasiswa UIN Jakarta memiliki peluang untuk mengikuti program-program yang ditawarkan, seperti student exchange, sandwich program, shortcourse, dan kelas-kelas internasional lainnya.

Sudah banyak dari kakak-kakak kalian yang berangkat untuk menuntut ilmu dan menambah pengalaman ke universitas-universitas di luar negeri, dan bahkan sudah banyak pula yang kembali ke Tanah Air. Pertanyaannya adalah, bagaimana untuk dapat mengikuti program tersebut? yaitu dengan meningkatkan kembali kemampuan berbahasa asing kalian.

Sekali lagi, kami ucapkan selamat datang di UIN Jakarta, selamat menuntut ilmu di kampus yang saat ini tengah berupaya melakukan pengembangan keilmuan, riset, dan melakukan perluasan kerjasama dengan universitas-universitas dalam dan luar negeri, sehingga cita-cita untuk menjadi World Class University (WCU) segera terealisasi.

Bapak Menteri dan seluruh peserta OPAK yang berbahagia

Menjadi cita-cita seluruh sivitas akademi UIN Jakarta untuk menghasilkan lulusan yang kerkualitas, memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni dan diimbangi dengan keislaman (al akhlak al karimah), hal ini juga menjadi distingsi antara lulusan UIN Jakarta dengan lulusan kampus-kampus lainnya.

Saat ini, ada sejumlah mahasiswa asing yang notabene non muslim, belajar tentang islam di UIN Jakarta, itu membuktikan bahwa kampus ciputat ini menjadi jendela islam di Indonesia. Karena, UIN Jakarta senantiasa mengajarkan pada mahasiswanya tentang islam yang moderat, toleran, harmonis dan menjunjung tinggi perdamaian, sehingga terciptalah Islam Rahmatan lil-‘Alamin.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Demikian yang dapat kami sampaikan sebagai ucapan selamat datang dari kami mewakili seluruh sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selamat mengikuti proses pembelajaran di kampus yang telah menghasilkan banyak alumni yang sukses di berbagai lini kehidupan. Belajarlah mengatur waktu seefektif dan seefisien mungkin, dan tanamlah rasa penasaran serta haus akan ilmu dalam diri kalian, agar setiap detik waktu yang dilalui akan terus diisi dengan muatan pengetahuan dan keislaman.

Mari bersama kita jaga dan pelihara sarana-prasarana yang ada di kampus ini, agar fungsi dan manfaatnya dapat terus dirasakan oleh seluruh sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kepada para panitia (DEMA UIN Jakarta), kami ucapkan terimakasih dan semoga acara OPAK ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Selain itu, jadikan OPAK ini benar-benar ajang mengenalkan mahasiswa baru terhadap iklim akademik dan seluruh sivitas akademika UIN Jakarta. Hindari hal-hal yang bernuansa negatif, perpeloncoan dan tindakan yang melanggar kode etik serta norma yang berlaku.

Dengan mengucap basmallah, Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2016 secara resmi saya nyatakan DIMULAI…

Akhirulkalam, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa meridhoi niat dan langkah kita ini dalam memposisikan UIN Jakarta sebagai perguruan tinggi yang berintegrasi antara keilmuan dan keislaman, sehingga bisa berkontribusi besar bagi pembangunan peradaban Islam dan umat manusia. Amiin Ya Robbal alamin.

 Hasbunallah wa nie’mal wakiel

Nikmal maula wa nie’mannasir..

Wassalamu’alaikum wa Rohmatullohi wa Barokatuh

UIN Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2016

(lrf)