Bahasa VersionEnglish VersionArabic Version
  • Decrease font size
  • Reset font size to default
  • Increase font size
Please wait while JT SlideShow is loading images...
Info SPMB Mandiri 2014Info Pascasarjana 2013-2014

AGENDA

Fakultas Syari'ah dan Hukum PDF Cetak E-mail
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat 15412,
Telepon: (021) 701925, (021) 74711537;
Fax: (021) 7402982
Email: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya ;

Dekan: Prof. Dr. M. Amin Suma ,MA, SH, MM
Pembantu Dekan Bidang Akademik: Dr. Mukri Aji, MA
Pembantu Dekan Bidang Admimistrasi Umum: Dr. Jaenal Aripini, MAg
Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan: Dr. JM Muslimin, MA


Fakultas Syari'ah dan Hukum merupakan fakultas dengan program studi terbanyak di UIN Jakarta. Fakultas ini memiliki fokus kajian di bidang hukum Islam. Sejalan dengan perkembangan masalah-masalah dan spesialisasi dalam keahlian hukum Islam, maka Fakultas Syari'ah dan Hukum menawarkan berbagai program studi yang siap mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan berbagai profesi baru yang terkait dengan hukum Islam, seperti ahli perbankan syariah, ahli asuransi syariah, dan sebagainya.

Beberapa tahun terakhir ini antusiasme calon mahasiswa untuk memasuki Fakultas Syari'ah dan Hukum cukup tinggi. Hal ini bisa diindikasikan dengan jumlah mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum yang menduduki peringkat kedua terbanyak setelah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .
Fakultas Syari'ah dan Hukum bertujuan menyiapkan lulusan yang ahli dan profesional dalam bidang hukum Islam.

Program studi Fakultas Syari'ah dan Hukum:
1. Ahwal Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam)
2. Jinayah Siyasah (Hukum Pidana & Tata Negara Islam)
3. Perbandingan Mazhab dan Hukum
4. Muamalat (Ekonomi Islam)
5. Ilmu Hukum
6. Perbandingan Mazhab Fiqih Khusus (Kelas Internasional)

1. Program Studi Ahwal Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam)

  1. Konsentrasi Peradilan Agama
    Konsentrasi ini bertujuan untuk meng-hasilkan sarjana yang menguasai bidang studi peradilan agama, serta mampu mengemban tugas di bidang keahliannya untuk kepen-tingan negara dan masyarakat. Mata Kuliah Keahlian yang diberikan pada konsentrasi ini meliputi: Hukum Acara Peradilan Agama, Fiqh Munakahat, Fiqh Mawarits, Fiqh Ibadah, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Peradilan Agama di Indone-sia, Ilmu Falak, Qawaidh Fiqhiyah, dan Hukum Perdata Islam di Indonesia.
  2. Konsentrasi Administrasi Keperdataan Islam
    Konsentrasi ini bertujuan untuk meng-hasilkan sarjana yang menguasai bidang administrasi keperdataan, serta mampu mengemban tugas di bidang keahlian administrasi keperdataan tersebut. Mata Kuliah Keahlian yang diberikan pada konsentrasi ini meliputi: Fiqh Munakahat, Fiqh Muamalat, Fiqh Ibadat, Fiqh Mawaris, Hukum Perdata Islam di Indonesia, Hukum Perdata Internasional, Hukum Administrasi Negara, Hukum Acara Peradil-an Agama, Hukum Perdata Internasional, Hukum Agraria, Penyuluhan Perkawinan dan Keluarga, dan Perundang-undangan di Indonesia.
2. Program Studi Jinayah Siyasah (Hukum Pidana & Tata Negara Islam)
  1. Konsentrasi Kepidanaan Islam
    Konsentrasi ini bertujuan meng-hasilkan sarjana yang menguasai bidang studi pidana Islam. Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam konsentrasi ini meliputi: Ilmu Tafsir, Tafsir Ahkam, Hadits Ahkam, Ushul Fiqh, Ilmu Hukum, Fiqh Siyasah, Fiqh Jinayah, Al-Fatwa, Metodologi Penelitian Siyasah, Ilmu Falak, Fiqh Mawaris, Fiqh Munakahat, Qawaid Fiqhiyah, Hukum Pidana dan Acara Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Islam di Indonesia, Muqa-ranah Mazahib fi al-Jinayat, Tarikh Tasyri', Kriminologi, dan Fiqh Ibadah.
  2. Konsentrasi Ketatanegaraan Islam 
    Konsentrasi ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai bidang studi tata negara. Mata Kuliah Keahlian yang diberikan pada konsentrasi ini meliputi: Ilmu Tafsir, Tafsir Ahkam, Hadits Ahkam, Ushul Fiqh, Ilmu Hukum, Fiqh Siyasah, Fiqh Jinayah, Al-Fatwa, Metodologi Penelitian Siyasah, Ilmu Falak, Fiqh Mawarits, Fiqh Munakahat, Qawaid Fiqhiyah, Hukum Pidana dan Acara Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Islam di Indonesia, Muqaranah Mazahib fi al-Jinayat, Tarikh Tasyri', Kriminologi, dan Fiqh Ibadah.
3. Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum
  1. Konsentrasi Perbandingan Mazhab Fiqih
    Konsentrasi ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai bidang studi Perbandingan Mazhab Fiqh, serta mampu mengemban ilmu Per-bandingan Mazhab Fiqh tersebut untuk kepentingan agama dan masyarakat. Adapun Mata Kuliah Keahlian yang diberikan pada konsentrasi ini meliputi: Ilmu Tafsir Ahkam, Hadits Ahkam, Ushul Fiqh, Ilmu Hukum, Perbandingan Mazhab dalam Hukum Islam, Fiqh Kontemporer, Muqaranah Mazhab fi al-Mu'amalat, Tarikh Tasyri'.
  2. Konsentrasi Perbandingan Hukum
    Konsentrasi ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai bidang studi perbandingan hukum, serta mampu mengemban tugas di bidang keahlian perbandingan hukum tersebut. Mata Kuliah Keahlian yang diberikan pada konsentrasi ini meliputi: Ilmu Hukum, Perbandingan Hukum dan Perundang-undangan, Metode Penelitian, Ushul Fiqh, Muqaranah Mazahib fi al-Mu'amalat, Muqaranah Mazahib fi al-Jinayat, Orientalisme dalam Hukum Islam, Hukum Acara Perdata dan Pidana Agama.
4. Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam)
  1. Konsentrasi Perbankan Syariah
    Konsentrasi Perbankan Syariah bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang ilmu syariah khususnya dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam (Ilmu Perbankan Syari’ah sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaannya dalam masyarakat.
  2. Konsentrasi Asuransi Syariah
    Konsentrasi Asuransi Syariah bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang ilmu syari’ah khususnya dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam (Ilmu Asuransi Syari’ah) sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaannya dalam masyarakat.
  3. Konsentrasi Manajemen Zakat dan Wakaf (ZISWAF)
    Konsentrasi Manajemen Zakat dan Wakaf (ZISWAF) bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang ilmu syari’ah khususnya dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam (Manajemen zakat dan wakaf) sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaannya dalam masyarakat.

 

 

 

 
FacebookTwitter

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod