Bahasa VersionEnglish VersionArabic Version
  • Decrease font size
  • Reset font size to default
  • Increase font size
Please wait while JT SlideShow is loading images...
Beasiswa STFBidikmisi 2014Opak UIN Syarif Hidayatullah JakartaLomba Karya Tulis Ilmiah PSGABanner Pembibitan Kemahasiswaan

AGENDA

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan PDF Cetak E-mail

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat Tangerang 15412,
Telepon: (021) 7401925, (021) 7443328;
Fax: 7402982
Email: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
Website: www.fitk-uinjkt.ac.id

 

Dekan: Dr. Nurlena, MA, Ph.D
Pembantu Dekan Bidang Akademik: Dr. Didin Syafrudin, Ph.D
Pembantu Dekan Bidang Admimistrasi Umum:
Maifalinda F, M.Pd
Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan:
Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.Ag


Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu dari dua fakultas yang berdiri pertama kali sejak bergabungnya ADIA Jakarta dan PTAIN Yogyakarta menjadi IAIN Al-Jamiah al-Islamiyah al-Hukumiyah pada tahun 1960.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, sesuai dengan namanya, memiliki tugas dan fungsi mendidik calon-calon pendidik (guru), khususnya di bidang Ilmu Agama Islam. Sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan riil masyarakat, maka Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan saat ini juga menawarkan program studi yang memungkinkan alumni fakultas ini tidak sekedar bekerja sebagai guru agama.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan menawarkan program-program yang me-mungkinkan mahasiswa memiliki pemahaman ilmu agama sekaligus metodologi ilmu agama dan pengajarannya.Fakultas ini memiliki jurusan/program studi sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama Islam

2. Pendidikan Bahasa Arab

3. Manajemen Kependidikan

4. Pendidikan IPS

5. Pendidikan Kimia

6. Pendidikan Bahasa Inggris

7. Pendidikan Matematika

8. Pendidikan Biologi

9. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

10. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

11. Pendidikan Fisika

12. Pascasarjana

a. Magister Pendidikan Bahasa Inggris

b. Magister Pendidikan Bahasa Arab

c. Magister Pendidikan Agama Islam (PAI)



1. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Secara khusus, Jurusan PAI bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang pendidikan dan pengajaran agama Islam, yang menguasai materi dan metodologinya. Jurusan ini menyiapkan sarjana bidang keguruan agama Islam yang profesional untuk mengajar pada jenjang Madrasah Aliyah dan yang sederajat.
Mata Kuliah Keahlian yang diberikan di jurusan ini meliputi: Ilmu Pendidikan, Sejarah Pendidikan Islam, Qawaid Fiqhiyah, Metode Pendidikan Islam, Keterampilan Profesi, Psikologi, Perencanaan Sistem Pendidikan Islam, Pengembangan Kurikulum, Materi Pendidikan Agama Islam, Statistik, Sistem Evaluasi Pendidikan, Masail Fiqhiyah, Strategi Belajar Mengajar, Media Pengajaran, Manajemen Perpustakaan, Filsafat Pendidikan Islam, Qira'atul Kutub, Hadits dan Tafsir.

2. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Arab. Jurusan ini menyiapkan sarjana bidang keguruan bahasa Arab yang profesional untuk mengajar pada jenjang Madrasah Aliyah dan yang sederajat.
Mata Kuliah Keahlian Jurusan Pendidikan Bahasa Arab meliputi: Ilmu Pendidikan, Metodologi Pengajaran, Bahasa Arab, Keterampilan Profesi, Nahwu, Sharaf, Muthala'ah, Muhadatsah, Perencanaan Sistem Pendidikan Bahasa Arab, Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab, Ibarat Ishtilahiyah, Balaghah, Ilmu Jiwa Perkembangan, Ilmu Jiwa, Insya, Fiqh Lughah, Al-Bahts Al-Lughawy, dan Tarjamah.

3. Jurusan Kependidikan Islam

Jurusan ini memfokuskan pada sistem kependidikan Islam. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu menguasai manajemen kependidikan dan menerapkannya dalam dunia pendidikan Islam. Jurusan ini mempunyai dua program studi: Program Studi Super-visi Pendidikan dan Program Studi Manajemen Pendidikan.

  1. Program Studi Supervisi Pendidikan Islam
    Program Studi Supervisi Pendidikan merupakan salah satu bidang konsentrasi pada Jurusan Kepen-didikan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Program Studi ini bertujuan membentuk dan menyiapkan tenaga profesional di bidang supervisi pendidikan Islam.
    Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam Program Studi ini meliputi: Administrasi Pendidikan, Pengantar Manajemen, Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan, Perundang-undangan Pendidikan, Teori Sistem, Manajemen Strategi, Sistem Informasi Pen-didikan, Manajemen SDM Pendidikan, Perencanaan Pengajaran, Strategi Pembe-lajaran, Evaluasi Pengajaran, Pengembangan Kurikulum, Teknologi Pendidikan, Bimbingan Konseling, Psikologi Agama, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan, Sejarah Pendidikan Islam, Pengantar Supervisi Pendidikan, Supervisi Akademik, Supervisi Layanan Siswa, Supervisi Layanan Masyarakat, Supervisi Layanan SDM Masyarakat, Supervisi Fasilitas Pendidikan, Supervisi Klinis, Pengembangan Program Supervisi Pendidikan, Teknik Penyusunan Instrumen Supervisi, Studi Kasus Supervisi Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Monitoring dan Evaluasi, Metode Penelitian, Metode dan Teknik Supervisi Pendidikan, Komunikasi Interpersonal, Psikologi Organisasi, Teori Pengambilan Keputusan, Manajemen Stress dan Konflik, Pengembangan Kepribadian, Seminar Supervisi Pendidikan.
  2. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
    Program Studi Manajemen Pendidikan bertujuan menghasilkan Sarjana Manajemen Pendidikan yang memiliki moralitas tinggi, mempunyai kemampuan akademik luas dan profesional dalam bidang mana-jemen pendidikan.
    Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam program studi ini meliputi: Pengantar Manajemen, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Kesiswaan, Manajemen Kurikulum, Manajemen Perkantoran, Mana-jemen Mutu Pendidikan, Perencanaan Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Teori dan Pengembangan Organisasi, Perilaku Operasional, Analisis Kebijaksanaan Pendidikan, Psikologi Organisasi, Pengantar Aplikasi Komputer, Demografi, Praktikum, Manajemen Pendidikan, Seminar Proposal Skripsi, Manajemen Program Diklat, Evaluasi Program dan Sistem Pendidikan, Studi Kasus Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Perpustakaan, Bahasa Inggris (Text Reading), Etika Manajemen, Teknologi Pendidikan, Komunikasi Organisasi, Teori Sistem, Manajemen Stress dan Konflik, Kebijakan Pendidikan Nasional, Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Skripsi, Manajemen Humas dan Pelayanan Publik.
4. Tadris
  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
    Program Studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris, yang menguasai materi dan sekaligus metodologi pengajaran bahasa Inggris. Program Studi ini menyiapkan sarjana bidang keguruan bahasa Inggris yang profesional untuk mengajar pada jenjang Madrasah Aliyah dan yang sederajat, lembaga-lembaga bahasa dan sebagainya.
    Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam Program Studi ini meliputi: Ilmu Pendidikan, Ketrampilan Profesi, Listening, Speaking, Reading and Vocabulary, Writing, Structure and Grammar, Linguistics, Test and Evaluation, Methodology, Oral Transalation, Written Translation, dan Course Design.
  2. Program Studi Pendidikan Matematika
    Program Studi ini bertujuan memenuhi kebutu-han tenaga pengajar di bidang studi matematika khususnya di lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah Aliyah dan yang sederajat.
    Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam program studi ini meliputi: Ilmu Pendidikan, Psikologi, Keterampilan Profesi, Pengetahuan Dasar Ilmu Pengetahuan Alam, Kalkulus, Kalkulus Lanjutan, Analisis Riil, Analisis Kompleks, Pengantar Dasar Matematika, Teori Bilangan Aljabar Linier, Program Linier, Struktur Aljabar, Geometri Analit datar, Geometri Transfornasi, Statistik Dasar, Statistik Matematika, Persamaan, Differensial, Metode Numerik, Masalah Nilai Awal, Telaah Kurikulum, DPPM, SBMM, PHMB.
  3. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Program Studi, Biologi, Kimia dan Fisika)
    Program Studi ini bertujuan menyiapkan tenaga pengajar yang menguasai materi dan metodologi pengajaran ilmu pengetahuan alam di Madrasah Aliyah dan yang sederajat.
    Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam program studi ini meliputi: Psikologi Dasar, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Matematika Prakalkulus, Kalkulus, Biologi, Ekologi Dasar, Anatomi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Rendah, Genetika Dasar, Anatomi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Fisiologi Tumbuhan Dasar, Zoologi, Zoologi Avertebrata, Mikrobiologi Dasar, Fisiologi Umum, Fisiologi Hewan, Evolusi, Pengantar Amdal, Histo-logi, Ekologi Hewan, Virologi, Pengantar Konser-vasi Alam, Komputer, Embriologi.
5. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Program Studi PGMI disiapkan untuk mendidik calon guru pada tingkat pendidikan dasar (Madrasah Ibtidaiyah/SD. Mata kuliah yang diajarkan di antaranya Telaah Kurikulum MI/SD, Metedologi Penelitian, Kimia Dasar, Kimia Analit, Hadis, Ulumul Hadis, Mekanika, dan Kepramukaan.
 
FacebookTwitter

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod