Bahasa VersionEnglish VersionArabic Version
  • Decrease font size
  • Reset font size to default
  • Increase font size
Please wait while JT SlideShow is loading images...
Selamat Tahun Baru Hijriyah 1436HAgenda Wisuda Ke-94Beasiswa Social Trust FundStudent Achievement Award UIN JakartaPengumuman Pemenang LKTI PSGASelamat Hari Raya Idul AdhaSeminar Nasional Kesehatan Masyarakat

AGENDA

Fakultas Adab dan Humaniora PDF Cetak E-mail

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat 15412,
Telepon: (021) 7401925, (021) 7443329;
Fax: (021) 7402982
Email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya


DekanProf. Dr. Oman Fathurahman, M. Hum
Pembantu Dekan Bidang Akademik: Dr. H. Muhammad Farkhan, M.Pd
Pembantu Dekan Bidang Admimistrasi UmumDr. Akhmad Saehudin,M.Ag
Pembantu Dekan Bidang KemahasiswaanDr. Zubair,M.Ag


Fakultas Adab merupakan satu dari dua fakultas tertua di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Adab resmi berdiri bersamaan dengan berdirinya IAIN Al-Jamiah al-Islamiyah al-Hukumiyah pada tahun 1960.

Fakultas Adab dan Humaniora pada mulanya memiliki kekhususan kajian di bidang Sastra Arab dan Sejarah Kebu-dayaan Islam. Namun, seiring dengan perubahan bentuk IAIN Jakarta menjadi UIN, Fakultas Adab dan Humaniora mengembang-kan diri dengan membuka jurusan/program studi baru yang berkaitan dengan dunia sastra dan kebudayaan, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Jurusan Tarjamah, dan Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Fakultas Adab dan Humaniora bertujuan menyi-apkan lulusan yang ahli dan profesional di bidang kebahasaan, kesusastraan dan peradaban. Fakultas ini memiliki Jurusan/Program Studi sebagai berikut:

1. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab
2. Jurusan Sejarah Peradaban Islam
3. Jurusan Tarjamah
4. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
5. Jurusan Ilmu Perpustakaan Islam

1. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Bahasa sebagai alat pergaulan dan komunikasi mempunyai arti penting dalam pembinaan kebudayaan dan peradaban manusia. Bahasa Arab, di samping bahasa Inggris, telah lama diakui PBB sebagai bahasa internasional dan digunakan dalam pem-bicaraan dan persidangan di PBB. Demikian pula UNESCO telah mengakui dan mengesahkan bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang digunakan dalam persidangan sejajar dengan bahasa internasional lainnya. Di samping itu bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa persatuan umat Islam. Bahkan di Indonesia, yang penduduknya mayoritas Muslim, bahasa Arab sangat berpengaruh.

Menyadari akan pentingnya peranan Bahasa Arab sebagai bahasa persatuan umat Islam, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab diharapkan dapat menyiapkan tenaga-tenaga ahli dan profesional dalam bahasa Arab untuk mengisi tenaga-tenaga ahli yang bertugas dalam hubungan internasional, lembaga-lem-baga penelitian internasional, dan pertemuan-pertemuan internasional.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Qawaid (Sharaf), Qawaid (Nahwu), Balaghah, Muthala'ah, Insya, Tarjamah, Ilmu Lughah, Fiqhul Lughah, Tarikh Adab, Al-Arudh wal Qawafi, Naqd Adabi, Nushush Adabiyah, Filo-logi, Ilmu Lughah Al-Ijtima'i (Sosiolinguistik), Ilmu Lughah Al-Nafsi (Psikolinguistik), Ilmu Lughah Al-Tathbiqy (Linguistik Terapan), Ilmu Ashwat (Fonetik), Nazhariyyatul Adab, Adab Muqaran, Metode Penelitian Sastra, Metode Penelitian Bahasa, Filsafat Islam, Bahasa Persia, Bahasa Urdu, dan Bahasa Turki.

2. Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam

Seiring dengan tujuan Fakultas Adab, Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam disiapkan untuk membina lulusan yang dapat memahami dan mengembangkan karya-karya yang bernafaskan Islam dalam lapangan sejarah, kesenian, kebudayaan, dan penggalian sejarah Islam.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan di jurusan ini meliputi: Qawaid (Nahwu), Qawaid (Sharaf), Pengantar Ilmu Sejarah, Filsafat Sejarah, Sejarah Dunia, Sejarah Indonesia Pra-Islam, Sejarah Islam di Indonesia, Sejarah Sosial dan Intelektual Islam di Indonesia, Sejarah Islam di Asia Tenggara, Sejarah Islam Kawasan, Sejarah Peradaban Islam, Perkem-bangan Pemikiran Modern di Dunia Islam, Sejarah Islam di Asia Tengah dan Selatan, Historiografi, Histo-riografi Indonesia, Sejarah Pergerakan Nasional, Arkeologi, Teori Politik Islam, Sosiologi, Antropologi Ilmu Sosial Budaya, Metodologi Penelitian Sejarah, Kajian Naskah, Bahasa Belanda, Sejarah Sastra Indonesia, Orientalisme, Kapita Selekta, Filsafat Islam, Bahasa Persia, Bahasa Urdu, dan Bahasa Turki.

3. Jurusan Tarjamah

Buku-buku keislaman dan keagamaan yang ditulis dalam bahasa Arab secara umum masih sulit diakses oleh umat Islam Indonesia. Menyadari semakin pentingnya upaya penerjemahan yang profesional, maka Jurusan Tarjamah dibuka. Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang penerjemahan.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan jurusan ini meliputi: Qawaid (Nahwu), Qawaid (Sharaf), Balaghah, Muthala'ah, Insya, Tarjamah (Tahririyah Arab-Indonesia), Tarjamah (Tahririyah Indonesia-Arab), Tar-jamah Tatabbu'iyah (Tarjamah Konsekutif), Tarjamah Fauriyyah (Tarjamah Simultan), Ilmu Lughah, Fiqh Lughah, Mushtalahat, Nazhariyah al-Tarjamah, Ilmu al-Dilalah (Semantik), Ilmu Ashwat (Fonetik), Tarikh Adab, Nushush Adabiyyah, Komposisi (Indonesia), Filologi, Bahasa Persia, Bahasa Urdu, dan Bahasa Turki.

4. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga pustakawan yang memiliki pengetahuan dan kualifikasi akademik, serta terampil dalam pekerjaan teknis kepustakaan. Lulusan program studi ini dapat bekerja sebagai pustakawan di instansi pemerintah atau swasta, di perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, perpustakaan masjid, perpustakaan pesantren, perpustakaan dan kearsipan TV, radio, museum, dan lain sebagainya.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan pada jurusan ini meliputi: Pengantar Ilmu Perpustakaan, Referensi, Klasifikasi, Diskripsi Bibliografi Buku, Literatur Sekunder, Media Teknologi, Bahan Rujukan, Manajemen Perpustakaan, Pembinaan Koleksi Multi Media, Kepustakawan Muslim, PSUTKI.

5. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris

Masyarakat Indonesia saat ini mempersiapkan diri menuju globalisasi yang ditandai dengan derasnya informasi yang ditopang oleh teknologi canggih. Informasi mengalir merambah tatanan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik dan teknologi, yang nyaris semuanya berbahasa Inggris. Dengan demikian penguasaan bahasa Inggris sudah merupakan keha-rusan bagi warga negara Indonesia, bila tidak ingin ketinggalan zaman dan ketinggalan kemajuan ilmu dan teknologi.

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris mengemban misi, yaitu mempersiapkan sarjana yang terampil dan ahli dalam bidang bahasa dan sastra Inggris.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Keahlian Menulis, Membaca, Berbicara Bahasa Inggris, Morfologi, Sintaksis dan Semantik Bahasa Inggris, Sosiologi Linguistik, Psiko-longistik, Pengantar Pengkajian Kesusastraan Inggris, Ikhtisar Sejarah Kesusastraan, Ikhtisar Kesusatraan Amerika, Pengkajian Prosa Inggris, Pengkajian Drama Inggris, Pengkajian Puisi Inggris, Fiksi Kontemporer Britania, Ikhtisar Kesusastraan Australia, Puisi Amerika Modern, Drama Modern, Cerpen Kontemporer Brita-nia, Puisis Kontemporer Britania, Drama Kontemporer Australia, Kesusastraan Kontemporer Australia, Drama Amerika Modern, Pengantar Sejarah Inggris, Pengantar Kehidupan Kebudayaan Inggris, Pengantar Kebudayaan Amerika, Pengantar Kebudayaan Australia, Sejarah Perkembangan Bahasa Inggris.

 
FacebookTwitter

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod