Bahasa VersionEnglish VersionArabic Version
  • Decrease font size
  • Reset font size to default
  • Increase font size
Please wait while JT SlideShow is loading images...
Selamat Tahun Baru Hijriyah 1436HAgenda Wisuda Ke-94Beasiswa Social Trust FundStudent Achievement Award UIN JakartaPengumuman Pemenang LKTI PSGASelamat Hari Raya Idul AdhaSeminar Nasional Kesehatan Masyarakat

AGENDA

Home
Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2012 Melalui SPMB PTAIN PDF Cetak E-mail

Pada tahun akademik 2012/2013 ini Kementerian Agama (Kemenag) memberikan 150 kuota Beasiswa Bidik Misi kepada (calon) mahasiswa UIN Jakarta. Jumlah tersebut sama dengan jumlah pada tahun sebelumnya, 2011.

Untuk pendaftaran beasiswa Bidik Misi 2012 tidak seperti pada tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2011 pendaftaran calon penerima beasiswa ini bisa melalui jalur tes SMPTN, Ujian Mandiri, dan SPMB-PTAIN, maka untuk tahun 2012 pendaftaran dan penerimaan beasiswa Bidik Misi hanya melalui jalur tes SPMB-PTAIN.

Untuk memperoleh beasiswa Bidik Misi PTAI Tahun 2012 ini, papar Direktur Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Prof. Dr. Dede Rosyada, harus memenuhi persyaratan sebagaimana berikut: pertama, lulusan SMA/SMK/MA/Pesantren atau yang sederajat, tahun 2011 atau tahun 2012. Kedua, sehat jasmani dan rohani.

"Ketiga, ia lulus dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN),"ujar Prof. Dede Rosyada pada pengumuman resmi  bernomor No : Dj.I/Dt.I.IV/PP.00.9/810/2012, tertanggal 16 April 2012.

Selain tiga syarat di atas calon penerima beasis juga harus melampirkan keterangan keluarga tidak mampu secara ekonomi, yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang (Kepala Desa/Lurah).

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah memiliki prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstra kurikuler yang ditunjukkan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh kepala sekolah/madrasah/pimpinan pondok pesantren.

Sebanyak 10 fakultas dari 11 fakultas di UIN Jakarta mendapatkan kuota beasiswa. Hanya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yang tidak diberikan.  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) mendapatkan kuota 15 beasiswa, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) mendapat 17 beasiswa, Fakultas Ushuluddin memperoleh  23 beasiswa, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) masing-masing  memperoleh 15 beasiswa.

Selanjutnya, Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) mendapat 16 beasiswa, Fakultas Psikologi (FPsi) dan  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) masing-masing mendapat 15 beasiswa, sedangkan Fakultas Ekonomi  Bisnis (FEB) dan  Fakultas Sains Teknologi (FST) masing-masing mendapat tujuh beasiswa.

Nilai beasiswa Bidik Misi tahun akademik 2012/2013 ini sebesar Rp 6 juta setiap semester, selama 8 (delapan) semester, yang digunakan untuk biaya hidup dan biaya penyelenggaraan pendidikan.

Menurutnya, selain UIN Jakarta, terdapat 31 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) seluruh Indonesia yang mendapatkan hak yang serupa. "Kuota terbanyak diberikan kepada UIN Malang, yaitu 170 beasiswa,"imbuhnya.

Jumlah penerima Beasiswa Bidik Misi PTAI Tahun 2012, sambung mantan Dekan FITK UIN Jakarta itu, sebanyak 2.100 orang. "Jumlah tersebut  didistribusikan pada 32 PTAIN seluruh Indonesia," sambungnya.

Informasi dan penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada laman resmi Kementerian Agama www.kemenag.go.id atau pada masing-masing perguruan tinggi. (Zaenal M)

 
FacebookTwitter

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod