Bahasa VersionEnglish VersionArabic Version
  • Decrease font size
  • Reset font size to default
  • Increase font size
Please wait while JT SlideShow is loading images...
Selamat Tahun Baru Hijriyah 1436HAgenda Wisuda Ke-94Beasiswa Social Trust FundStudent Achievement Award UIN JakartaPengumuman Pemenang LKTI PSGASelamat Hari Raya Idul AdhaSeminar Nasional Kesehatan Masyarakat

AGENDA

Home Arsip Berita Utama Mahasiswa Berprestasi Memperoleh Penghargaan
Mahasiswa Berprestasi Memperoleh Penghargaan PDF Cetak E-mail

 

Auditorium, BERITA UIN Online – UIN Jakarta bekerja sama dengan Lazuardi Biru menganugerahi penghargaan bidang non akademik kepada para mahasiswa yang telah berprestasi pada tingkat nasional dan internasional sepanjang tahun 2012. Penghargaan mahasiswa berprestasi di berbagai bidang tersebut diberikan baik  dalam kategori perorangan maupun kelompok.

Acara pemberian penghargaan berlangsung di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Rabu (9/1).  Mereka selain menerima sertifikat juga berupa uang senilai antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta yang dipersembahkan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Ciputat. Dalam waktu yang sama, juga digelar kuliah umum bertema “Pemuda dan Ancaman Kekerasan Atas Nama Agama” yang disampaikan Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Agil Siradj.

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat yang hadir dalam kesempatan itu sangat mengapreasiasi para mahasiswanya yang berprestasi. Menurut dia, penghargaan kepada para mahasiswa berprestasi layak diberikan karena mereka telah membawa nama harum kampus. “Saya bangga dengan mahasiswa UIN Jakarta yang berprestasi. Ini merupakan perhargaan bidang non akademik yang ketiga kalinya sejak tahun 2011,” katanya.

Rektor berharap ke depan akan lebih banyak lagi mahasiswa yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik hingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. “Penghargaan tersebut juga tak lain untuk memotivasi mahasiswa agar terus meningkatkan kualitas, inovasi, dan kreativitas dalam segala bidang,” ujarnya.

Para mahasiswa berprestasi yang memperoleh penghargaan terdiri atas kategori perorangan dan kelompok. Untuk ketegori kelompok, penghargaan di antaranya diberikan kepada Marwah Fauziah Amri dan Nadya Imanda Sabran (mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/HI-FISIP) yang memperoleh juara I pada K-POP World Festival di Chongwon, Korea Selatan. Kemudian Halimatus Sa’diyah (mahasiswi Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum) dan Viviana (mahasiswi Jurusan Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin) yang memperoleh juara I pada 7th Perisai Diri International Championship di Samarinda, Kalimantan Timur. Lalu mahasiswa kelompok Paduan Suara Mahasiswa (PSM) yang memperoleh medali perak pada Grand Prix di Thailand.

Pada kelompok perorangan penghargaan diberikan kepada Ananda Raihan Afnan (mahasiswa Jurusan HI-FISIP yang memperoleh juara kedua pada The 7th Perisai Diri International Championship di Samarinda, Kalimantan Timur. Kedua, Muhammad Ali Ibrahim (mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora) yang memperoleh juara II pada Tapak Suci of Brawijaya University International Open Turnament.

Sedangkan pada kejuaraan nasional kategori kelompok, penghargaan pertama diberikan kepada Tim Kreator Nusantara Beta (Mirayanti, Jamal Masykur Aziz, Erlan Pratama) dari Fakultas Sains dan Teknologi yang memperoleh juara I pada Indosat IM2 Mobile Application Contest. Penghargaan kedua diberikan kepada Fathiyatur Rizkiyah dan Handeini Fajriyanti (mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas llmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi) yang memperoleh juara I pada Festival Seni Islam Nasional. Ketiga, Ahmad Faris, Junaidi, dan Ahmad Choiruzzikril (mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah) yang memperoleh juara II pada Olimpiade Debat Nasioal Debat Berbahasa Arab di UGM Yogyakarta.

Untuk kategori perorangan, pernghargaan diberikan kepada Eko Indrayadi (mahasiswa Jurusan Ilmu Politik FISIP) yang memperoleh juara I pada Kompetisi Debat Nasional Festival Desa Sejahtera, Chairunnisa (mahasiswi Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) yang memperoleh juara I Pemuda Sukarelawan Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Sheren Utari (mahasiswi Jurusan HI-FISIP) yang memperoleh juara II pada Kejuaraan Taekwondo antaruniversitas di ITS Surabaya.

Selain dalam bentuk kejuaraan, penghargaan juga diberikan kepada para mahasiswa yang melahirkan karya inovatif dan kreatif. Mereka adalah Ade Wahyudi (mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), pencipta Kamus Biologi Umum (Kambium) berbasis online, Choiril Chodri (mahasiswa Jurusan KPI-Fidkom), pembuat film dokumenter “Lentera Jawa” (The Passion of Dolalak), Nandang Sunandar (mahasiswa Jurusan Sistem Informasi FST), pemakalah pada International Conference on Computer Science (ICCSE) di kampus UGM Yogyakarta, Gita Muhammad Agusta (mahasiswa Jurusan Teknik Informatika FST), pemakalah pada International Conference on Advance Computer Science and Information Technology di kampus UI, dan Muhammad Ali (mahasiswa Jurusan Kimia FST), pemakalah pada Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia. (ns)

 
FacebookTwitter

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod

BlackBerry Ota, BlackBerry Offline, BlackBerry AppWorld, BlackBerry Tools, BlackBerry Repository Apps, Font CJK, Font Cod