Yudie: Kurikulum Pendidikan Harus Berbasis IT

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Muhammad Nurdin

Aula Student Center, BERITA UIN Online - Manfaat internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong berbagai hal terutama kemajuan pendidikan masa depan. Karena itu kurikulum yang baik adalah berbasis information technology (IT) atau perpaduan keduanya. Jika tidak pendidikan akan ketinggalan dengan negara-negara maju.

Hal tersebut dikemukakan VP Sales-Bussines Market of Biznet Yudie Haryanto dalam ITFestival 2011 bertajuk “Cloud Computing” yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (BEMJ) Fakultas Sains dan Teknologi di Aula Student Center, Selasa(3/05).

Menurutya, teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail, facebook, dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Yudie menambahkan, internet sangat mendorong dan mempermudah segala aktivitas atau  kegiatan belajar mengajar  seperti, homeschooling, mengirim data, mengisi KRS, dan mengakses bahan-bahan kuliah atau sekolah.

Disamping bermanfaat, IT juga membawa dampak negatif misalnya pornografi, dan penipuan. Semua itu tergantung dari pengguna atau pengakses IT tersebut. Lanjutnya, Tapi kalau internet putus atau mati maka dari guru, kepala sekolah, operator sampai direktur utama akan kecewa bahkan marah-marah. Oleh karena itu, internet banyak sekali manfaatnya. “Pokoknya IT itu bikin mudah kita deh, “ tuturnya.

Diakhir diskusi, ia berharap, adanya konsep perpaduan antara kurikulum dengan IT sehingga kurikulum dan proses belajar mengajar benar-benar sejalan dengan dunia perkembangan.

Acara ini merupakan event tahunan BEMJ Teknik Informatika UIN Jakarta tahun ke-5 yang mengusung tema “Teknologi Informasi Kreatif untuk Kemajuan Pendidikan” dan  berlangsung dari 2 hingga 6 Mei 2011. Kegiatan ini antara lain, seminar IT dan edukasi, workshop, tutorial, kompetisi Dota dan PES 2011, kompetisi TI antar-SMA, serta kompetisi seni dan budaya yang bertempat di Aula SC.