Wisuda ke-100, Menristek Sampaikan Orasi Ilmiah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

M NasirAuditorium Utama, BERITA UIN Online Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof. Mohamad Nasir PhD. Ak. Menyampaikan orasi ilmiah bertema “Universitas Riset: Capaian Langkah Meraih Reputasi Global” di Gedung Auditorium Utama Harun Nasution, Ahad (22/05). Orasi ilmiah disampaikan dalam rangka wisuda UIN Jakarta ke-100.

Dalam orasinya, Guru Besar Behavioral Accounting dan Management Accounting Universitas Diponegoro mengatakan, banyak perguruan tinggi nasional berkompetisi menjadi universitas riset. Salah satu jalan menjadi universitas itu adalah dengan mencapai status Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH).

 “Dan, UIN Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi Islam terbesar di Indonesia sangat berpotensi menjadi universitas riset. Salah satu tahapannya tentu harus menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH) terlebih dahulu,” ujarnya.

Perubahan menjadi PTN BH, katanya, memungkinkan UIN Jakarta memiliki peluang lebih besar dalam mengelola dan mengarahkan program yang pro riset. Ini sejalan dengan ikhtiar UIN Jakarta memperkokoh kapasitas akademiknya dengan mentradisikan riset-riset keilmuan dan keislaman yang terpublikasi supaya dapat mencapai pengakuan dunia.

“Saya kira UIN Jakarta sudah layak menjadi kampus yang berkelas dunia atau World Class University (WCU). Hanya tradisi riset yang terpublikasi di jurnal nasional dan internasional harus lebih diperbanyak,” tambahnya. (njs)