Auditorium Utama, BERITA UIN Online—Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA kembali menegaskan komitmen UIN Jakarta menjadi universitas kelas dunia (World Class University). Hal itu disampaikan, saat memberikan sambutan dihadapan 1.201 wisudawan dan para wali mahasiswa dalam acara Wisuda Sarjana Ke-107, UIN Jakarta, Sabtu-Ahad (17-18/02).

Ditambahkan rektor, bahwa komitmen ini merupakan kelanjutan dari komitmen UIN Jakarta pada tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, UIN Jakarta harus lebih berperan dalam pengembangan keilmuan, keIslaman, dan keIndonesiaan.

“Komitmen tersebut memiliki tiga sisi yang menjadi argumentasi, yaitu sisi keilmuan, keIslaman, dan keIndonesiaan. Sisi keilmuan, UIN Jakarta ingin berperan aktif pada kemajuan sains, ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian, sisi keIslaman, diharapkan UIN Jakarta menjadi pusat pengembangan keilmuan Islam integratif sekaligus model insersi Islam dalam kehidupan keagamaan yang inklusif dan toleran,” jelas rektor.

Sedangkan sisi keIndonesiaan, masih menurut rektor, UIN Jakarta berperan penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang siap berkarya di wilayah profesional global.

Pada kesempatan itu pula, rektor mengatakan bahwa upaya transformasi lembaga pendidikan tersebut menjadi universitas kelas dunia perlu dukungan dan kerja keras dari seluruh sivitas akademika UIN Jakarta.

“Secara kelembagaan sendiri, UIN Jakarta terus dan terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan diri dalam berbagai sisi. Termasuk peningkatan anggaran pro riset, penyempurnaan sistem pendidikan, dan pembangunan sarana-prasarana belajar di kampus ini,” jelas Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Jakarta tersebut.

Tidak lupa, dalam sambutannya itu, rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Dirinya berharap, para sarjana nantinya dapat berkarya di wilayah yang masing-masing, agar melakukan segala hal dengan penuh kesungguhan, yang mana hasil dari karyanya tersebut mampu bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa.

“Kami atas nama pimpinan UIN Jakarta mengucapkan selamat, di mana hari ini anda semua telah dilantik menjadi sarjana. Namun, perlu diingat bahwa kelak di mana pun anda berada harus senantiasa menanamkan nilai-nilai keIslaman, karena anda semua adalah profesional Islami,” pesan rektor.

Dari pantauan BERITA UIN Online di lokasi, pelaksanaan wisuda sarjana ke 107 tersebut berjalan dengan tertib dan lancar. Walau pada hari kedua, prosesi memasuki Auditorium Harun Nasution mengalami perubahan, dikarenakan hujan. (lrf)