Wirausaha Solusi Atasi Pengangguran di Indonesia

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Jaenuddin Ishaq

Aula Student Center, BERITA UIN Online - Mantan Direktur PT Siemen Indonesia, Dipl Ing Osriman Oesman, mengatakan wirausaha merupakan solusi untuk mengatasi masalah pengangguran di Indonesia. Sebab, wirausaha  menciptakan orang yang memiliki penghasilan sendiri dan tidak tergantung pada orang lain.

“Berwirausahalah sejak mahasiswa, lakukan apa yang kita dapat lakukan. Sebab kita sedang bekerja untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain,” kata Ex Direktur PT Siemen Indonesia Dipl Ing Osriman Oesman dalam Seminar Kewirausahaan bertema “Menumbuhkan Tunas Bangsa yang Berjiwa Pengusaha” yang diadakan UKM Pramuka bekerjasama dengan Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kuningan (IPPMK) di Aula Student Center (SC), Kamis (29/3).

Osriman menjelaskan, ketika seseorang memutuskan menjadi pengusaha, penentuan spesifik terhadap jenis usaha diupayakan berbeda dengan orang lain. Calon pengusaha harus pandai melihat peluang yang dibutuhkan konsumen. Di samping itu juga memiliki perencanaan yang matang.

“Jenis usaha boleh sama, tapi cara yang kita lakukan harus berbeda. Kerja keras, tapi juga kerja cerdas,” tukas Osriman.

Sementara Staf Ahli PT Charoen Pokphand Indonesia Dr Syahril Aqil Spt mengatakan, seorang pengusaha harus bekerja secara tim. Mereka tidak boleh bekerja secara sendiri tapi perlu bekerja sama. “Makanya berorganisasi saat di kampus sangat bermanfaat bagi mahasiswa,” ujarnya.

Syahril menilai, meski seseorang saat di kampus memperoleh nilai yang baik, namun belum tentu ketika lulus akan mendapatkan pekerjaan yang baik. Sebaliknya, mahasiswa yang saat di kampus tidak mendapat nilai yang baik, belum tentu masa depannya tidak akan berhasil.

“Semua kembali ke orangnya masing-masing. Jadikan hambatan yang ada menjadi peluang untuk kita bangkit,” tutur Syahril yang berwirausaha di bidang unggas ayam. []