Webometrics UIN Jakarta Ranking Pertama di PTAIN

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Dari tahun ke tahun, ranking Webometrics UIN Jakarta selalu mengalami peningkatan. Dilansir dari situs http://www.webometrics.info yang mereview ribuan situs-situs universitas di dunia tersebut, pada Januari 2015 UIN Jakarta menempati ranking 20 dari seluruh universitas yang ada di Indonesia dan ranking 2294 universitas dunia.

“Ini berarti peringkat UIN Jakarta mengalami kenaikan 14 poin dari semester lalu yang berada di posisi ke 34,” ungkap Dr Ahmad Syahid MA, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) di ruang kerjanya, Gedung Rektorat pada Rabu, (11/2/15).

Dengan peringkat ini, lanjut Syahid, berarti tahun ini UIN Jakarta mengungguli UIN Malang yang berada di posisi 27. Selama ini UIN Jakarta selalu berada di bawah UIN Malang dalam perankingan Webometrics ini.

“Dengan posisi ini, UIN Jakarta berarti berada di ranking pertama WebometricsPerguruan Tinggi Islam Negeri (PTAIN) di Indonesia, kedua UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (ranking 27), dan ketiga UIN Wali Songo Semarang (ranking 28),” terang Syahid usai memimpin rapat rencana launching tampilan website UIN Jakarta yang baru.

Menurut data Webometrics yang dirilis setiap Juli dan Januari tersebut, lima besar nasional masih seperti tahun lalu diduduki oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang, dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Sementara untuk peringkat lima besar dunia diduduki oleh Harvard University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford, Berkeley, dan Cornell University.

Naiknya posisi UIN Jakarta berdasarkan Webometrics ini menurut Ida Farida, MLIS, Koordinator Bidang Sistem Informasi Jaminan Mutu LPM seiring dengan pengembangan Institutional Repository UIN Jakarta yang terus digalakkan perkembangannya, sehingga aksesibilitas terhadap publikasi internasional para dosen UIN Jakarta juga meningkat.

Ida menilai, pencapaian ini merupakan indikasi pengembangan UIN Jakarta sudah berada pada track yang benar dan makin baiknya kinerja akademik UIN Jakarta.

“Ini merupakan bagian dari upaya civitas akademika UIN Jakarta dalam meraih standar akademik internasional,” terang Ida yang khusus menangani bidang pengembangan Institutional Repository UIN Jakarta tersebut.

Dalam pemeringkatannya, Webometrics menggunakan empat indikator utama, yaituPresence (20%), Impact (50%), Openness (15%) dan Excellence (15%). Presencemenunjukkan jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files.

Rangking parameter Presence UIN Jakarta berada pada 1124. Impact menunjukkan jumlah eksternal link yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) terindeks di mesin pencari yang tertangkap di Majestic SEO dan Ahref. Peringkat UIN Jakarta dalam parameter Impact adalah 2640. Sementera untuk parameter Openness adalah 234, dan parameter Excellence adalah 5414.

Mengetahui hal tersebut, Rektor UIN Jakarta, Prof Dr Dede Rosyada MA mengucapkan terima kasih kepada semua unit kerja yang sudah mendukung peningkatanWebometrics universitas ini. “Kita akan terus kejar sampai posisi World Top Ranking, kita galakkan website universitas, fakultas, program studi, lembaga-lembaga, pusat-pusat, blog dosen, blog staf, dan pemanfaatan email UIN Jakarta,” tandasnya. (mf/ac)