Webometric: UIN Jakarta Tempati Urutan ke-59

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Usaha UIN Jakarta untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia terus dirintis. Dan, usaha tersebut semakin menampakkan hasilnya. Jika pada Juli 2011, Webometrics menempatkan UIN Jakarta pada posisi ke-60 tingkat nasional, maka pada Juli 2012 ini peringkat UIN Jakarta naik satu digit, yakni pada angka 59.

Sebagaimana dilansir situs www.webometrics.info, Webometrics pada 30 Juli 2012 mengeluarkan rilis pemeringkatan 20 ribu perguruan tinggi dunia, dan 361 perguruan tinggi di antaranya  dari Indonesia.

Mulai Juli 2012, Webometrics mengubah parameter penilaian. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%).

Parameter excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011).

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files.

Kemudian, impact merupakan parameter jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).

Dan, openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Dari empat kategori ini, UIN Jakarta mendapatkan skor masing-masing 408 untuk presence,  5,796 untuk impact, 696 untuk opennes, dan  5,228 untuk kategori excellence. Informasi lengkap dapat dilihat pada laman  http://www.webometrics.info.

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Lembaga pemeringkat ini berbasis di Spanyol. Pemeringkatan dilakukan tiap semester  dalam setahun, yakni pada bulan Januari dan Juli. (d antariksa/Saifudin)