Victoria University Tawarkan Mahasiswa UIN Jakarta Ikuti ILC Gratis

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Kantor IO, BERITA UIN Online--Victoria University, Wellington, memberikan kesempatan kepada mahasiswa UIN Jakarta  untuk mengikuti program Intercultural Leadership Camp (ILC) di kampus tersebut selama 7 hari. Seperti tersebut pada nama, tujuan kegiatan ini adalah membangun interkultural mahasiswa dari dua negara, yakni Indonesia dan Selandia Baru (New Zeland) dari berbagai aspek.

Biaya kegiatan ini ditanggung oleh panitia. Artinya, selama 7 hari di sana peserta mendapatkan akomodasi, makanan ringan, transport lokal, dan mengikuti kegiatan secara cuma-cuma, alias gratis.

Namun untuk keberangkatan dan visa, calon peserta  harus mengeluarkan koceknya tebal-tebal. Minimal Rp 8 juta harus disiapkan untuk pengurusan tiket keberangkatan-pulang, dan visa.  “Untuk biaya itu, mereka mengeluarkan sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 juta,”kata Kepala Divisi International Student International Office (IO) M Alfajri MAIR di Kantor IO, Selasa (11/9).

Untuk dapat mengikuti program tersebut, calon peserta harus memenuhi syarat-syarat berikut ini, antara lain, minimal semester 7, punya kemampuan bahasa Ingggris dengan skor  550 (TOEFL) atau 6.0 (IELTS), transkrip nilai dari semester satu sampai semester terakhir,  IPK minimal 3.25, mendapat rekomendasi dari fakultas, dan membuat tulisan  tentang alasan mengikuti program ILC dalam bahasa Inggris.

Menurut alumni Australian National University (ANU) itu, panitia hanya akan memilih 20 orang calon peserta terbaik dari Indonesia. Selain dari UIN Jakarta,  mahasiswa yang diberikan kesempatan ikut dalam program ini adalah mahasiswa Universitas Paramadina dan Universitas Bina Nusantara (Binus). “Kouta untuk  UIN Jakarta antara enam sampai tujuh orang,”katanya.

Meski pendaftaran telah dibuka sejak beberapa pekan yang lalu, sampai saat ini baru terdapat empat mahasiswa UIN Jakarta yang berencana ikut dalam program tersebut. “Semuanya dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP),”papar M Haykal, staf administrasi IO.

Untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa yang berminat, katanya, pendaftaran diperpanjang sampai dengan 25 September. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan tersebut, peminat dapat menghubungi M Hayjkal di nomor 021-7401940 ext. 1830.  (d antariksa/Saifudin)