Gedung FDI, Berita UIN Online— Victoria University, Australia, perwakilan Indonesia, menggelar seleksi kemampuan bahasa Inggris para dosen UIN Jakarta, Kamis (6/4/2017), melalui skema English Language Intensive Courses for Overseas Student (ELICOS). Tak kurang dari 35 dosen dari 11 fakultas mengikuti seleksi gratis tersebut.

Riza Hafiz, Country Manager Victoria University perwakilan Indonesia, UIN Jakarta menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang jadi sasaran pelaksanaan tes. Hal ini menyusul banyaknya dosen UIN Jakarta meminati kuliah di berbagai perguruan tinggi Australia.

Riza berharap, kegiatan seleksi bisa membantu para dosen yang meminati pendidikan lanjutan di Australia, bisa mengetahui tingkat kemampuan bahasanya. “Sebab dengan mengikut seleksi ini, para peserta sebetulnya bisa melihat sejauhmana kemampuan bahasa mereka,” kata dia.

Dalam amatan Berita UIN Online, jenis seleksinya sendiri disesuaikan dengan mencakup tiga kelompok, yakni grammar, readingm dan writing. Kelompok grammar bertujuan mengukur kemampuan menyusun kalimat dengan struktur bahasa yang benar, reading untuk mengukur kemampuan pemahaman teks, dan writing untuk mengukur kemampuan komunikasi tertulis peserta.

Diketahui, ELICOS merupakan salah satu tes kemampuan berbahasa Inggris yang diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin bekerja atau menempuh pendidikan tinggi di Australia. Karena itu, selain General English (GE), ELICOS ditawarkan dalam format English for Academic Purposes (EAP).

Kepala Pusat Layanan Kerjasama Internasional UIN Jakarta Rachmat Baihaky MA mengapresiasi positif kesediaan Victoria University menyelenggarakan seleksi bahasa bagi kalangan dosen UIN Jakarta. Menurutnya, hal ini memudahkan para dosen untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mereka sebagai prasyarat mutlak mengikuti pendidikan di perguruan tinggi dunia.

Selain itu, jelasnya, penyelenggaraan tes juga layak diapresiasi mengingat UIN Jakarta-Victoria University juga belum memiliki perjanjian kerjasama tertulis. “Mudah-mudahan ini jadi awal kesepakatan kerjasama UIN Jakarta-Victoria University ke depannya,” katanya. (farah nh/yuni nurkamaliah/zm)

 

Share This