Universiti Utara Malaysia Minat Kerjasama dengan UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Rektor, BERITA UIN OnlineUniversiti Utara Malaysia (UUM)  berminat menjalin kerjasama dengan UIN Jakarta dalam bidang penelitian dan pertukaran mahasiswa.  Hal tersebut disampaikan Dekan (Direktur)Pengembangan Pelajar dan Alumni UUM, Dr Muhamad Fuad Othman di Ruang Rektor, Rabu (28/3).

Kepada Pembantu Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr Jamhari, Othman menyatakan ketertarikannya atas perkembangan UIN Jakarta. “Kita ingin ada kerjasama. Bisa di bidang Teknologi Informasi, Manjemen, Akuntasi, dan Ilmu Sosial Politik,”kata doktor Ilmu Politik dari Hull University, Inggris.

Othman bersama tiga delegasi dari UUM sengaja berkunjung ke UIN Jakarta untuk melihat secara langsung perkembangan kampus yang berada di bilangan  Ciputat, Tangerang  Selatan. Untuk kepentingan itu, maka mereka selain berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), juga bertamu ke Fakultas Sains dan teknologi (FST) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Atas rencana UUM itu, Jamhari menjelaskan,  UIN Jakarta siap menjalin kerjasama tersebut. Agar kerjasama antardua perguruan tinggi itu bisa diimplementasikan, maka keduanya harus membuat nota kesepahaman (Momerandum of Understanding/MoU). “Kita siap untuk kerjasama. Tapi pihak UUM harus mengajukan dulu draft Mou-nya,” kata Jamhari.

Secara teknis, papar peraih doktor Antropologi dari Austalian National University (ANU), pengajuan Mou itu disampaikan melalui Internatinal Office (IO) UIN Jakarta. “Drafnya bisa dikirimkan ke IO dulu,”imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur IO, Yenny Ratna Yuningsih PhD, mengatakan, pihaknya siap mengimplementasikan rencana MoU antara UUM dan UIN Jakarta. “Silahkan contoh draf MoU ini di-copy dulu,”ujar Yenny sembari menyerahkan contoh draf  MoU. (Zaenal M)