Universitas Islam Omdurman Berminat Kerjasama dengan UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Sidang Utama, BERITA  UIN Online–Universitas Islam Omdurman Sudan berminat melakukan kerjasama dengan UIN Jakarta. Kerjasama antardua universitas itu meliputi kerjasama di bidang akademik, penelitian, penerbitan, dakwah dan sebagainya.

“Kita bisa melakukan kerjasama dengan UIN Jakarta. Kita punya Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah dan Hukum, Pengajaran Bahasa Arab, Adab. Kita juga punya Fakultas Teknik, Keperawatan, “ujar Wakil Rektor Universitas Islam Omdurman Prof Dr Hassan Abbas Hassan pada acara audiensi dengan Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof Dr Moh Matsna HS MA di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat, Senin (26/11).

Menurutnya, melihat potensi kedua universitas, maka kerjasama antara Universitas Islam Omdurman dengan UIN Jakarta dapat dilakukan dalam berbagai segi.”Kita bisa melakukan kerjasama pertukaran dosen, pengiriman dosen tamu,  pertukaran mahasiswa, dan penulisan jurnal,”katanya.

Ia menambahkan, Universitas Islam Omdurman dikenal sebagai kampus yang banyak melahirkan para pengajar Bahasa Arab bagi penutur non-Arab. Karena itu bisa pula diselenggarakan kerjasama peningkatan mutu bahasa Arab di UIN Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Prof Matsna menyatakan, UIN Jakarta sangat mengapresiasi maksud dan tujuan kedatangan rombongan Universitas Islam Omdurman. “Untuk mengawali dan menindaklanjuti pertemuan ini perlu ada pertemuan atau kunjungan lanjutan. Kita belum bisa memutuskan sekarang ini,”katanya.

Untuk memastikan tindaklanjut rencana kerjasama itu, tambah Guru Besar Bahasa Arab itu, kedua belah pihak diminta untuk saling mengirimkan usulan proposal kerjasama. “Kita bisa memulainya dengan saling kirim proposal melalui email atau kunjungan lanjutan,”sambung dia menawarkan.

Dijelaskannya, antara UIN Jakarta dengan Universitas Islam Omdurman mempunyai hubungan psikologis yang dekat. Alasannya, banyak warga negara Indonesia yang menjadi alumni dari kampus tersebut dan berkiprah di kampus-kampus Islam, termasuk di UIN Jakarta. “Banyak alumni dari Universitas Islam Omdurman yang aktif di sini. Saya alumni tahun 1970-an,”imbuhnya. (da/Saifudin)