Universitas Al-Baqa’ Yordan Teken MoU dengan UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online–Bertempat di Ruang Rektor Lt. 2 Gedung Rektorat, Jum’at (26/4/2013), Universitas Al-Baqa’ Yordan menyepakati Nota Kesepahaman atau Momorandum of Understanding (MoU) dengan UIN Jakarta dalam bidang pengembangan akademik, penelitian internasional, dan kerja sama lainnya.

Penandatangan MoU itu dilakukan langsung oleh Prof. Dr. Nabil T. Shaugteh selaku Presiden Universitas Al-Baqa’ dan Prof. Dr. Komaruddin Hidayat selaku Rektor UIN Jakarta. Selain Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kelembagaan Dr. Jamhari, acara tersebut juga disaksikan Direktur International Office Yenny Ratna Yunigsih, Ph.D,  sejumlah dekan, wakil dekan, dan pejabat lainnya.

Dalam MoU setebal 5 halaman itu disebutkan, bahwa kedu belah pihak sepakat menyelengarakan sejumlah kegiatan akademik bersama untuk kepentingan kedua belah pihak. “Tujuan kesepakatan ini adalah untuk meningkatkan hubungan kerja sama pendidikan, sistem kelembagaan, pertukaran akademik, dan penelitian bagi para dosen,” demikin bunyi salah satu pasal pada MoU tersebut.

Dengan MoU ini, maka kedua belah pihak juga sepakat untuk melakukan pertukaran dosen, penelitian akademik dan pegawai administrasi, yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Komaruddin mengusulkan penyelenggaraan kerja sama penelitian atau seminar internasional tentang gerakan-gerakan kontemporer atau kajian perbandingan agama. “Di sini kita punya Program Studi Magister bidang kajian agama-agama,” ujarnya.

Sementara Prof. Nabil menyatakan, kampus termasuk perguruan tinggi yang sangat dikenal dunia internasional, meskipun baru berdiri tahun 1997. “Kita punya mahasiswa dari Eropa sebanyak  300 orang,” terang dia.

Selain itu, kampusnya juga telah mempunyai jenjang pendidikan master dan doktoral. “Ada program studi bidang sains, ekonomi, teknik dan tentunya Bahasa Arab,” imbuhnya. (D Antariksa/Saifudin)