UM-PTKIN: UIN Terima 471 Mahasiswa Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gd. Rektorat, BERITA UIN Online– UIN Jakarta menerima 471 orang mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (UM-PTKIN) 2015. Ke-471 mahasiswa ini diterima di 28 program studi (prodi yang ditawarkan) melalui jalur ini.

Demikian disebutkan Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta Dr Fadhilah Suralaga M.Si di Gd. Rektorat, Senin (27/07/2015). “Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan pada 23-24 Juni lalu, kita dapatkan 471 orang mahasiswa baru,” ungkap Fadhilah.

Diketahui, UIN Jakarta turut menerapkan seleksi masuk mahasiswa baru melalui UM-PTKIN. Ujian ini digunakan pada Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pada jalur ini, peminatan studi dijaring melalui tiga kelompok ujian, yakni Kelompok Ujian IPA, Ujian IPS, dan Ujian Campuran. Untuk kelompok IPA, UIN Jakarta menawarkan tiga jurusan yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia. Sedangkan kelompok IPS, ditawarkan 25 jurusan seperti Muamalat dan Pendidikan Agama Islam. [] Lutfi R. Fikri & Zaenal M.