UIN Jakarta Wakili Indonesia Ikuti Musabaqoh Menghafaz Qur’an Negara MABIMS

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

MabimsGedung Kemahasiswaan, BERITA UIN Online– Dua mahasiswa UIN Jakarta bakal dikirim ke Brunei Daarussalam untuk mengikuti Musabaqah Menghafaz al-Qur’an Beserta Pemahamannya Peringkat Negara Anggota MABIMS pada 30 Juni-1 Juli 2015.

Dua mahasiswa tersebut adalah Badrut Tamam Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) untuk kategori hafalan 30 juz dan Amelia Khoirunnisa semester dua Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) untuk kategori hafalan 10 juz. Demikian hasil penelusuran BERITA UIN Online, Senin (22/6/2015).

Menurut Official UIN Jakarta R Trisno Riyadi MM proses seleksi dilakukan bersama Pembina Mahasiswa Dr Hasani Ahmad Said MA yang merupakan dosen Agama Fakultas Ekonomi dan Bisnis sejak Mei 2015 dengan tiga orang kandidat.

“Setelah melakukan beberapa kali tes, dua mahasiswa tersebut dianggap paling layak mewakili UIN Jakarta di ajang tersebut,” ujar Trisno.

UIN Jakarta, lanjut Trisno, dianggap paling tepat oleh Kementerian Agama (Kemenag RI) mewakili Indonesia sebagai Anggota MABIMS untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Pimpinan UIN Jakarta segera merespon kesempatan ini dengan mengirimkan dua delegasinya dengan harapan dapat menjadi juara, sehingga UIN Jakarta dapat mengharumkan nama Indonesia dan bisa lebih dikenal di kalangan Negara Anggota MABIMS,” tutur Trisno.

Diketahui, MABIMS adalah organisasi tak resmi empat kementerian agama negara rumpun Melayu, yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura.

Mengenai peserta yang menjadi delegasi, Trisno menjelaskan, Badrut Tamam adalah mahasiswa asal Madura yang pernah mengikuti perlombaan menghafal al-Quran di Saudi Arabia, sementara Amelia Khoirunnisa mahasiswa asal Kepulauan Riau (Kepri) pernah menjuarai tahfizh 10 juz MTQ Propinsi Kepri.

“Mohon doa, semoga mereka menang,” pungkas Trisno. (Muhammad Furqon)