Aula Madya, BERITA UIN Online—UIN Jakarta mendapat kunjungan para pelajar MA Raudhatul Muta’alimin, Kasui, Way Kanan, Lampung, Selasa (16/01). Rombongan yang terdiri dari Sembilan orang guru, dan 62 siswa kelas 11 dan 12 tersebut, dipimpin langsung Kepala Sekolah Kuswara MPdI, dan diterima langsung oleh Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi UIN Jakarta Feni Arifiani Mh, bertempat di Aula Madya lantai I.

Dalam prakatanya, Kuswara mengatakan, kedatangan pelajar MA Raudhatul Muta’alimin ke kampus UIN Jakarta tersebut, dalam rangka studi kampus. Tujuannya untuk mengenalkan para siswa tentang perguruan tinggi dan jalur-jalur yang dapat ditempuh untuk masuk, sekaligus memberikan pengalaman tentang lingkungan luar sekolah.

“Kami ingin para siswa mendapatkan banyak informasi tentang perguruan tinggi, khususnya UIN Jakarta. Lebih dari itu, kami juga ingin mengetahui informasi mengenai jalur masuk dan sistem perkuliahan di UIN Jakarta ini,” ungkapnya.

Masih menurut Kuswara, pihaknya baru pertama kali mengunjungi kampus UIN Jakarta. Karena itu, ia berharap kunjungan tersebut bukan yang pertama, tetapi akan terjalin silaturrahim antar kedua lembaga.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak UIN Jakarta yang telah menerima kedatangan rombongan. Semoga, kunjungan ini memberikan manfaat bagi kami dan kami dapat kembali berkunjung ke kampus ini,” ujarnya.

Sementara itu, Feni dalam sambutannya menjelaskan tentang berbagai hal terkait UIN Jakarta. Dikatakan, UIN Jakarta merupakan salah satu kampus negeri di Jakarta yang ada di wilayah Provinsi Banten. Kampus tersebut memiliki 54 program studi S1 dan tersebar di 11 fakultas.

Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa UIN Jakarta, menurut Feni, calon mahasiswa terlebih dahulu diseleksi melalui beberapa jalur ujian masuk, antara lain SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UM PTKIN, dan Ujian Mandiri. Semua jalur tersebut terbuka untuk semua lulusan SMA/SMK/MA/pesantren sederajat, baik negeri maupun swasta.

“Di antara beberapa jalur seleksi tersebut, jalur SNMPTN (jalur prestasi akademik) dan SBMPTN (ujian tulis) untuk program studi umum telah dimulai, tentunya dengan beberapa fase, mulai dari pendaftaran PDSS dan lain sebagainya,” urai Feni.

Dari pantauan BERITA UIN Online terlihat, peserta yang terdiri dari para siswa dan dewan guru begitu antusias menyimak pemaparan yang disampaikan oleh Kasubbag dan beberapa tim Pubdok UIN Jakarta. Beberapa siswa mengajukan pertanyaan terkait jalur masuk dan peluang beasiswa yang ada di UIN Jakarta.

Setelah mengikuti sosialisasi UIN Jakarta yang berlangsung sekitar dua jam. Selanjutnya rombongan berkeliling kampus dan meninjau beberapa fakultas yang ada di lingkungan UIN Jakarta. (lrf)

Share This