UIN Jakarta Tanam 42 Ribu Bibit Pohon di Lahan 40 Hektar

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Cikuya, BERITA UIN Online- Untuk pemuliaan lahan seluas 42 Ha di di Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, UIN Jakarta menanam 42 ribu batang bibit pohon, pada Jum’at, (12/07/2013).

Kegiatan ini, mendapar dukungan dari Kementrian Kehutanan (Kemenhut) RI berupa bantuan bibit tanaman sebanyak 42.000 batang bibit pohon yang terdiri dari berbagai jenis tanaman kehutanan dan buah-buahan.

Pada tahap awal, lahan tersebut ditanami 3000 batang bibit pohon dengan berbagai jenis tanaman kehutanan seperti Jabon, Jati,  Damar,  Mahoni,  Tanjung,  Lotus,  Pinus,  Meranti dan beberapa jenis tanaman buah-buahan seperti  Duren, Sukun, Nangka serta Sirsak.

Menurut anggota tim teknis pemberdayaan lahan Cikuya Dr. Ir. Iwan Aminudin, MSi, penanaman lahan Cikuya ini mempunyai beberapa tujuan. “Tujuan utamanya adalah ingin menyelamatkan lahan tersebut,” ujarnya.

Ia menambhakan, secara fisik lahan tersebut perlu mendapatkan pengamanan.  Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memasang patok, memasang pagar dan menanaminya. “Pemasangan patok dilahan tersebut sudah selesai dilaksanakan sekitar 2 bulan sebelum penanaman,” katanya.

Kemudian, untuk pemasangan pagar rencananya akan dilakukan dengan dengan menggunakan tanaman multiguna seperti tanaman Salak. Sedangkan untuk pemagaran akan dilaksanakan secara bertahap.

Dalam pelaksanaannya seluruh kegiatan tersebut akan melibatkan seluruh sivitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat sekitar. “Untuk kegiatan penanaman akan disinergikan dengan kegiatan pengabdian masyarakat dan kegiatan kemahasiswaan.,” imbuhnya. (humas)