UIN Jakarta Sinkronkan Data dengan EMIS Kemenag

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Edy Suandi

Kepala Bagian Perencanaan Biro Perencanaan dan Keuangan UIN Jakarta Drs Edy Suendi

Gedung Rektorat, Berita UIN Online– Data dan informasi diperlukan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dan keputusan dari perencanaan sampai dengan evaluasi kegiatan. Agar sistem informasi perencanaan menjadi lebih efektif dan efisien, Bagian Perencanaan UIN Jakarta dalam waktu dekat akan meluncurkan program Elektronik Sistem Informasi Perencanaan (E-SIP).

Demikian dikemukakan Kepala Bagian Perencanaan Drs Edy Suandi dalam laporannya kepada Rektor UIN Jakarta, Jumat (2/1/2016) di gedung rektorat lantai 2.

Edy menyampaikan, dengan adanya program E-SIP ini diharapkan dapat menjadi pemicu peningkatan kualitas, akuntabilitas, dan kecepatan yang dihasilkan.

“Program ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang bersifat relevan dan akurat bagi pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut,” ujar Edy.

Selain itu, sambungnya, program yang berisi data dan pelaporan mahasiswa, sarana prasarana (inventori) dan Sumber Daya Manusia (SDM) ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) atau instansi lainnya.

“Dengan program ini, data-data perencanaan UIN Jakarta yang ada di aplikasi E-SIP akan lebih mudah disinkronkan dengan aplikasi EMIS (Education Management Information System) Kemenag, sehingga memudahkan integrasi data,” imbuh Edy.

Ditambahkannya, untuk pembuatan laporan rekapitulasi dan evaluasi terhadap program dan kegiatan secara terintegrasi akan menjadi lebih mudah dengan tersedianya informasi dan database dalam aplikasi ini.

“Semoga pada 2017 mendatang sudah bisa dipergunakan,” tutup Edy. (mf)