UIN Jakarta Siapkan 119 Ruang Ujian UM-PTKIN

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

UM-PTKINGedung Rektorat, BERITA UIN Online– Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) akan dilaksanakan serentak di seluruh PTKIN pada Selasa-Rabu, 14-15 Juni 2016.

Guna mempersiapkan pelaksanaan ujian, UIN Jakarta menyiapkan 119 ruang ujian yang tersebar di lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK, 33 ruang), Fakultas Syariah dan Hukum (FSH, 21 ruang), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH, 27 ruang), Fakultas Ushuluddin (FU, 16 ruang) dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK, 22 ruang).

Tercatat, total peserta Paket IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) sebanyak 1943 orang. Mereka semua ditempatkan di empat gedung, yaitu FITK, FSH, FAH, dan FU. Sementara total Paket IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) 180 orang dan Paket IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) 249 orang. Dua kelompok paket ini disatukan di gedung FDIK.

“Gedung FITK dipakai dari lantai tiga sampai enam untuk 660 peserta, FSH lantai tiga sampai tujuh untuk 420 peserta, FAH lantai empat sampai tujuh untuk 540 peserta, dan gedung FU lantai tiga, lima, dan tujuh (tiga lantai) untuk 323 peserta,” ujar Kasubbag Publikasi dan Dokumentasi Feni Arifiani SAg MH di ruang kerjanya.

Sementara untuk peserta Paket IPA dan IPC, sambung Feni, semuanya ditempatkan di gedung FDIK. “Peserta paket IPA di lantai lima (5 ruang) dan enam (4 ruang), sedangkan peserta Paket IPC di lantai enam (9 ruang) dan tujuh (3 ruang),” terang Feni.

Diketahui dari data panitia UM-PTKIN 2016, jumlah total peserta di UIN Jakarta dari tiga paket sebanyak 2.372 orang yang masing-masing memilih tiga pilihan/program studi (prodi). Jumlah pendaftar pilihan 1 sebanyak 3.014 orang, jumlah pendaftar pilihan 2 sebanyak 2.791 orang dan jumlah pendaftar pilihan 3 sebanyak 407 orang dengan total keseluruhan pendaftar 6.212 orang.

Terkait jadwal, pada hari pertama (Selasa, 14/6), seluruh peserta akan mengikuti materi tes yang sama, baik Paket IPA, IPS, maupun IPC, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kebahasaan, dan Tes Keislaman.

Sedangkan hari kedua, (Rabu, 15/6), peserta Paket IPA hanya mengikuti Tes IPA (07.30-08.30), peserta Paket IPS hanya mengikuti Tes IPS (08.45-09.45), dan peserta Paket IPC mengikuti semua Tes IPA dan Tes IPS (07.30-09.45).

Pada tahun ini tercatat jumlah total peserta UM-PTKIN dengan tiga pilihan sebanyak 166.250. Untuk hasil tes akan diumumkan pada 18 Juli 2016.

Sebagai informasi, UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi. (mf)