UIN Jakarta Segera Buka Magsiter Ekonomi Syari’ah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

GEDUNG REKTORAT,  BERITA UIN Online–Empat program studi (prodi) Magister (S2) monodisiplin di UIN Jakarta segera dibuka tahun ini. Empat prodi itu adalah Sejarah Peradaban Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Dirasat Islamiyah (berbasis Bahasa Arab dan Tahfidh al-Qur’an), dan Ekonomi Syari’ah. Dua prodi pertama berada di bawah pengelolaan Fakultas Adab dan Humaniora, sedangkan prodi ketiga pengelolaannya di bawah Fakultas Dirasat Islamiyah dan prodi keempat berada pada Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Informasi resmi mengenai ijin pembukaan empat prodi itu berdasarkan surat pengumuman  Direktur Jenderal Penddikan Islam Kementerian Agama bernomor Dj. I/Dt.I.Iv/PP.00.9/3125A/2011 tertanggal 27 Desember 2011.

Menurut Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof Dr H Dede Rosyada MA, empat prodi tingkat magister itu lulus seleksi  setelah melewati berbagai  uji penilian dan kelayakan. Misalnya, penilaian proposal, visitasi, kurikulum, dan lain-lainnya.

Secara keseluruhan, terdapat 186 proposal prodi tingkat strata satu (S1) magister, dan doktoral yang diajukan untuk mendapatkan ijin operasional dari Kemenag. “Dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) ada 95 prodi  dan dari Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) ada 91 prodi yang diajukan,” papar mantan dekan FITK UIN Jakarta itu.

Dijelaskannya, terdapat 54 PTAIS dan 32 PTAIN yang mengajukan pembukaan prodi baru. “Prodi yang mendaptkan ijin pembukaan Surat Keputusan (SK)-nya sedang dalam proses. Sedangkan prodi yang dipending ijin atau keputusanya masih menunggu hasil penilaian dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan. (Saifudin)