UIN Jakarta Raih Juara Umum Kedua Pionir VI

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Serang, BERITA UIN Online – Kontingen UIN Jakarta ditetapkan sebagai juara umum kedua pada penyelenggaraan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (Pionir) VI PTAIN se-Indonesia yang digelar di kampus IAIN Serang, Banten, 19-24 Agustus 2013. Dalam lomba tersebut, UIN Jakarta berhasil mengumpulkan sebanyak 14 keping medali, terdiri atas 12 emas, delapan perak, dan empat perunggu. Sedangkan juara umum diraih tuan rumah IAIN Serang dengan perolehan 38 keping medali (22 emas, 11 perak, 5 perunggu).

Dari 15 mata lomba yang dipertandingkan, perolehan medali terbanyak UIN Jakarta diraup dari cabang olahraga catur beregu putra dan perorangan putra, yakni 6 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Medali dari cabang olahraga lainnya adalah tenis meja (1 perak), pencak silat (1 emas, 1 perak, 1 perunggu), bulu tangkis (1 emas), panjat dinding difficult (1 perak), futsal putra (1 emas), dan bola voli putra (1 perak).

Sedangkan di bidang seni dan riset, debat berbahasa Arab meraih 1 emas, Musabaqah Hifdhil Qur’an atau MHQ (1 emas), dan riset (1 emas).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang juga Ketua Kontingen UIN Jakarta Dr Sudarnoto Abdul Hakim menyatakan bangga atas prestasi yang telah dicapai tim UIN Jakarta. Meski hanya menduduki juara kedua, namun pihaknya puas karena para atlet sudah bekerja keras dan bermain optimal. “Kami berterima kasih kepada para mahasiswa yang berpretasi dan telah membawa nama harum UIN Jakarta. Kami bertekad pada Pionir mendatang tim UIN Jakarta akan menjadi juara umum,” katanya.

Perhelatan Pionir VI PTAIN yang diikuti 6 UIN, 16 IAIN, dan 31 STAIN di seluruh Indonesia tersebut resmi ditutup oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Prof Dr H Nur Syam di Alun-alun Barat, Kota Serang, Sabtu (24/8). Pionir VII tahun 2015 rencananya akan berlangsung di Kota Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. (ns)