Ruang Diorama, BERITA UIN Online – UIN Jakarta dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menandatangani nota kesepahaman dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Kerja sama meliputi penyelenggaran pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, dan pengembangan kelembagaan.

Acara penandatanganan naskah kerja sama dilakukan antara Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada dan Kepala Biro Perawatan Personel Staf Sumber Daya Manusia Mabes Polri Brigade Jenderal Pol Eky Harry Festiyanto di Ruang Diorama kampus UIN Jakarta, Senin (9/4/2018).

Rektor dalam sambutannya berharap kerja sama dengan Polri dapat ditindaklanjuti dengan baik, terutama oleh beberapa lembaga terkait. Kerja sama ini penting dilakukan karena kedua lembaga saling membutuhkan. Bahkan bagi UIN Jakarta kerja sama ini sekaligus untuk meningkatkan peran kelembagaan.

 “Peran UIN Jakarta itu tak hanya memproduksi sumber daya manusia, tetapi juga mengembangkan kelembagaannya,” katanya.

Sebagai lembaga negara, lanjut Rektor, UIN Jakarta juga berkeinginan untuk mentranformasikan ilmu pengetahuan yang dikembangkannya ke dalam Polri. Lebih luas lagi UIN Jakarta ingin menjelaskan kepada publik mengenai Islam toleran, Islam plurailis, dan Islam yang insklusif.

“Sejak 1998 UIN Jakarta sudah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, terutama dengan universitas di dunia dalam kaitannya mengenai isu-isu demokrasi,” tandasnya.

Sementara ity, Eky juga menyambut positif diadakannya kerjasa sama antara institusi Polri dengan UIN Jakarta. Kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap upaya mengembangkan institusi Polri, terutama dalam bidang sumber daya manusia.

“Pak Tito Karnavian (Kepala Polri) selalu menyampaikan pesan bahwa di setiap Kepolisian Daerah juga harus bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi,” katanya. (ns)