UIN Jakarta Luluskan 938 Sarjana Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Reporter: Lindah

Auditorium, BERITA UIN Online – UIN Jakarta tahun akademik 2010/2011 kembali meluluskan sarjana baru sebanyak 938 orang. Mereka berasal dari 12 fakultas, termasuk Sekolah Pascasarjana. Upacara pelepasan  sarjana baru tersebut dilakukan pada Wisuda Sarjana ke-82 di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Minggu (16/1).

Pada wisuda kali ini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan meluluskan sebanyak (267 orang), Fakultas Adab dan Humaniora (51 orang), Fakultas Ushuluddin (22 orang), Fakultas Syariah dan Hukum (130 orang), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (29 orang), Fakultas Dirasat Islamiyah (11orang), Fakultas Psikologi (68 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (160 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (77 orang), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sebanyak (85 orang), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (19 orang) serta Sekolah Pascasarjana meluluskan Program Magister sebanyak  8 orang dan program Doktor sebanyak 11 orang.

Rektor dalam sambutannya menyatakan bangga dan cukup apresiatif terhadap lulusan UIN Jakarta. Apalagi wisuda kali ini juga untuk pertama kalinya meluluskan sarjana kedokteran dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Para sarjana dokter tersebut berasal dari madrasah dan pondok pesantren yang memperoleh beasiswa dari Kementerian Agama RI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Kami bangga dengan prestasi dan keberhasilan sarjana dokter yang rata-rata berlatarbelakang dari pondok pesantren dan mempunyai dedikasi tinggi dalam menuntut ilmu, sehingga para santri dokter siap mengabdi di masyarakat. Karena itu pada wisuda ke-82 ini kami mengangkat tema Santri Menjadi Dokter,“ ujarnya.

Rektor juga menyampaikan informasi terkait beasiswa yang bersumber dari 16 lembaga pemberi beasiswa seperti BLU dan Bank Mandiri. Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa yang berprestasi baik dari segi akademik maupun nonakademik. Dana tersebut jumlahnya mencapai Rp 11 miliar yang dialokasikan untuk mahasiswa UIN Jakarta sebanyak 7.435 orang.

“Kami berharap beasiswa ini bermanfaat dan sebagai motivasi bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya. Oleh karena itu, kami berupaya untuk terus membantu para mahasiswa yang berprestasi,” katanya.