UIN Jakarta Luluskan 841 Sarjana Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter : Hafsa Tia Anisa

Auditorium, Berita UIN Online – UIN Jakarta kembali meluluskan sedikitnya 841 sarjana baru tahun akademik 2011/2012. Upacara pelantikan sekaligus pelepasan dilakukan pada Wisuda Sarjana ke-86 di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Sabtu (28/11).

Sarjana baru yang diwisuda berasal dari 12 fakultas, termasuk sekolah pascasarjana. Jumlah lulusan masing-masing fakultas adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 217 orang, Fakultas Adab dan Humaniora (89 orang), Fakultas Syariah dan Hukum (115 orang), Fakultas Ushuludin (28 orang), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (56 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (89 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (112 orang), Fakultas Dirasat Islamiyah (13 orang), Fakultas Psikologi (48 orang), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (19 orang), dan Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (42 orang). Adapun sekolah pascasarjana meluluskan Program Magister sebanyak 5 orang dan Program Doktor 9 orang.

Pada wisuda bertema “Revitalisasi Kode Etik Sivitas Akademika” ini, Rektor Prof Dr Komarudin Hidayat dalam pidatonya mengatakan, etika berbangsa dan bernegara sangat penting bagi keberhasilan pelaksanaan hukum di sebuah negara. Jepang misalnya, negeri yang pernah hancur semasa Perang Dunia II itu sangat menjunjung tinggi etika, sehingga masyarakat Jepang dikenal keberhasilannya dalam penegakan hukum. “Hal itu dikarenakan mereka telah berhasil meletakkan etika di atas hukum,” tegasnya.

Rektor menambahkan, cinta pada hukum adalah sebuah bentuk kesadaran etika. Jika masyarakat telah mencintai hukum maka mereka telah menyadari etika. Mencintai hukum sama dengan melakukan kebaikan, karena hukum melindungi kebaikan.

“Dalam Islam etika atau akhlakul karimah merupakan muara hikmah atau puncak dari keberagamaan seseorang. Kampus merupakan ikon yang mencintai etika, karena mengedepankan akhlakul karimah yang sesuai dengan visi Rasulullah SAW,” katanya.

Oleh karena itu Rektor berharap, UIN Jakarta dapat melahirkan suatu generasi etis dan unggul yang akan mengisi babak-babak baru dalam pembangunan bangsa.

Pada wisuda ke-86 ini, Rektor juga memberikan apresiasi kepada 11 sarjana terbaik, baimk program S-1, S-2 maupun S-3. Mereka adalah Muhammad Rifanca Wiratama (FISIP) dengan IPK 3,37, Muhammad Hasim (FU) IPK 3,43, Widhi Wicaksono (FEB) IPK 3,65, Anita Fajariyanti (FKIK) IPK 3,66, Sabir (FIDIK) IPK 3,67, Fatimah (FST) IPK 3,70, Siti Mardiyah (FDI) IPK 3,71, Abdul Hamid (FAH) IPK 3,76, Mutia Kusuma Dewi (FPsi) IPK 3,78, Mimi Hazami (FITK) IPK 3,88, Khadijah Binti Suri (FSH) IPK 3,89. Sedangkan sekolah pascasarjana adalah Akhmad Rusydi (S-2) IPK 3,65 dan A. Wangsa Widjaya (S-3) IPK 3,69.