UIN Jakarta Luluskan 682 Sarjana Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Muhammad Nurdin

Auditorium, BERITA UIN Online – UIN Jakarta tahun akademik 2011/2012 kembali meluluskan sarjana baru sebanyak 682 orang. Mereka berasal dari 12 fakultas, termasuk Sekolah Pascasarjana. Upacara pelepasan  sarjana baru tersebut dilakukan pada Wisuda Sarjana ke-85 di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Minggu (23/10).

Pada wisuda kali ini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan meluluskan sebanyak (96 orang), Fakultas Adab dan Humaniora (47 orang), Fakultas Ushuluddin (8 orang), Fakultas Syariah dan Hukum (136 orang), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (47 orang), Fakultas Dirasat Islamiyah (4 orang), Fakultas Psikologi (14 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (82 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (153 orang), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sebanyak (40 orang), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (16 orang) serta Sekolah Pascasarjana meluluskan Program Magister sebanyak  28 orang dan program Doktor sebanyak 11 orang.

Rektor dalam sambutannya mengatakan, selain al-Quran dan hadits, alam semesta merupakan sumber ilmu pengetahuan yang utama. Untuk mengkaji sumber tersebut harus dengan hati dan pikiran yang bersih. Jika hati bersih maka ilmu-pun akan masuk. Bahkan sebaliknya, jika tidak bersih ilmu akan sulit masuk.

Lebih lanjut, Rektor mengungkapkan, dewasa ini umat Islam semakin sadar akan eksitensi negara. Indonesia merupakan hasil perjuangan bersama dan milik bersama, jika bangsanya tidak mempertahankan maka akan direbut negara asing. “Karena itu jurnal yang kami angkat pun bertema 6 UIN untuk umat-bangsa,” ujarnya.

Rektor berharap, para sarjana yang diwisuda dapat tampil, terampil, dan menjadi pemain di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu dibutuhkan ilmu dan wawasan yang luas dan mendalam.

Menurut Rektor, mencintai bangsa merupakan hal mudah. Hal itu bisa dilakukan dengan merintis cita-cita yang baik, memenuhi harapan orang tua, masyarakat, dan bangsa, serta dengan menjadi sarjana terbaik.  Dengan begitu bangsa ini akan semakin bermatabat.

“Jadilah orang pintar yang kaya, yang taat membayar pajak, infaq, dan zakat. Sebab tanpa ilmu pengetahuan dan kekayaan ekonomi Anda tidak dapat membangun bangsa,” ujarnya.

Pada Wisuda yang mengangkat tema Education with Character itu, Rektor mengapresiasi para wisudawan terbaik dari setiap fakultas. Di antara mereka adalah Rita Zahara (FITK) dengan IPK 3,90, Elis Yuliawati (FAH) IPK 3,64, Ruslan Abdul Ghoni (FUF) IPK 3,55, Huzaimah (FSH) IPK 3,87,

Selanjutnya,  Alfiyyatur Rohmah (FDK) IPK 3,82, Siti Hananah (FDI) IPK 3,60, Herlina Dwi Astuti (FISIP) IPK 3,67, Rika Yunita (FKIK) 3,69, Vita Widyan Priaji (FPsi) IPK 3,56, Pramayassya Amero (FEIS) IPK 3,81 dan Muhammad Zulfahmi (FST) IPK 3,84. Untuk program Pascasarjana, Fatwa Arifah (S2) IPK 3,65 dan Nur Arfiyah Febriani (S3) IPK 3,65. []