UIN Jakarta Lepas 1.018 Sarjana Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Lindah

Auditorium, UINJKT Online – UIN Jakarta, Sabtu (23/7), kembali melepas sedikitnya 1.018 sarjana baru. Mereka terdiri atas 954 sarjana program S1, 27 sarjana program S2, dan 37 sarjana program S3. Wisuda ke-84 ini berlangsung di Audiotorium Prof dr Harun Nasution dan dibuka Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat dalam sidang senat terbuka yang dihadiri sejumlah guru besar serta orang tua wali wisudawan/wisudawati.

Para sarjana adalah lulusan dari berbagai program studi di 13 fakultas termasuk Sekolah Pascasarjana. Rinciannya, 199 orang lulusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), 55 orang lulusan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), 33 orang lulusan Fakultas Usuluddin (FU), 182 orang lulusan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), 115 orang lulusan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikas (FDK), 18 orang lulusan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), 40 orang lulusan Fakultas Psikologi (FPsi), 155 orang lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 114 orang lulusan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), 29 orang lulusan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), 14 orang lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan 64 orang lulusan Sekolah Pascasarjana program S2 (Magister) dan S3 (Doktor).

Selain melantik sarjana baru, Rektor dalam kesempatan itu juga memberikan penghargaan kepada sedikitnya 13 sarjana terbaik yang berpredikat amat baik dan kumlaude. Ketigabelas lulusan terbaik itu adalah Sheli Rosdiana dari FPsi dengan IPK (3,49), Cita Nirmala Nurkurnia Lestari dari FKIK dengan IPK (3,56), Nur Hidayati Mega Wapri dari FST dengan IPK (3,70), Achmad Hasan dari FISIP dengan IPK (3,73), Fatima El Zahraa dari FITK dengan IPK (3,73), Hani Taqiyya dari FDK dengan IPK (3,79), Muh. Shohibussirri dari FAH dengan IPK (3,82), Nur Rachmah Yanuarti dari FEB dengan IPK (3,82), Zahrul Athriah dari FUF dengan IPK (3,88), Didin Miftahuddin Lutfi dari FDI dengan IPK (3,89), dan Hidayatullah dari FST dengan IPK (3,69). Sedangkan dari Sekolah Pascasarjana, penghargaan diberikan kepada Sofyan Hadi (program S2) dengan nilai IPK 3,66 dan Suwito NS (program S3) dengan nilai IPK 3,64.

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat dalam sambutannya mengatakan, lulusan UIN Jakarta harus mampu menjadi bangsa yang mandiri dan berintegritas. Hal itu tentunya dibutuhkan profesionalisme dan pribadi yang berkarakter. “Pribadi yang berkarakter sudah menjadi hal mutlak,” ujar Rektor. Karena itu, untuk mengawali itu semua, perlu ada transfer knowlage antara dosen dan mahasiswa, sehingga menghasilkan mahasiswa yang profesional, berintegritas dan berkarakter.

Selain itu, Rektor juga menghimbau kepada para lulusan bahwa persaingan dalam menuntut ilmu bukan lagi antardaerah, melainkan sudah menjadi persaingan antarnegara. Seyogyanya dibutuhkan kegigihan dan kerja keras untuk menggapainya. “Jadi, bagi siapa yang ingin bersaing, maka dibutuhkan ikhtiar dan kerja keras,” ujarnya.