UIN Jakarta Lantik 16 Dokter Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA Memberikan sambutan pada acara Pengambilan Sumpah 16 Dokter Angkatan Ke-18, Gd. FKIK, Rabu (22/08).

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA Memberikan sambutan pada acara Pengambilan Sumpah 16 Dokter Angkatan Ke-18, Gd. FKIK, Rabu (22/08).

Gd. FKIK, BERITA UIN Online— Prodi Pendidikan Dokter FKIK UIN Jakarta mengambil sumpah 16 dokter (dr) angkatan 18 di Auditorium FKIK, Senin (22/08). Pengambilan sumpah ke-16 dokter yang terdiri dari tiga belas dokter perempuan dan tiga dokter laki-laki ini dilakukan setelah sebelumnya mereka menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dan dinyatakan lulus ujian Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter (UKMPPD).

Pengambilan sumpah dihadiri Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, Dekan FKIK Prof Dr Arif Sumantri M.Kes, Ketua Prodi Pendidikan Kedokteran dan Profesi Dokter dr. Achmad Zaki, SpOT, MEpid, Direktur RSUP Fatmawati dan Rumah Sakit jejaring, Kasubdit Pendidikan Pesantren Kementrian Agama RI, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banten.

Dalam sambutanya, Rektor UIN Jakarta berpesan kepada seluruh peserta yang hadir, bahwa UIN Jakarta tengah gencar mengembangkan pendidikan kedokteran yang berbeda (distingtif) dengan dokter-dokter lulusan universitas lain, yaitu dengan lahirnya dokter-dokter Islami.

“Saya berharap, lulusan dokter dari UIN Jakarta mampu mentauladani kisah dokter muslim dalam abad sejarah Islam. Seperti halnya masa kekhalifahan Hisyam bin Abdul Malik, yang mampu membangun infrastruktur kesehatan kepada rakyatnya pada saat itu dengan sangat baik, dimana dia memastikan pelayanan kesehatan pada rakyatnya yang sedang sakit dengan menyediakan dokter beserta perawatnya yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain, dan itu dilakukan dengan semangat keislaman yang tinggi, kisah ini semoga menjadi spirit bagi dokter-dokter baru,” paparnya.

Prosesi pengambilan sumpah dokter ini dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Kedokteran dan Profesi Dokter yaitu dr. Achmad Zaki, SpOT, MEpid dengan hidmat dan diikuti oleh peserta sumpah.

Senada dengan rektor, Dekan FKIK menyampaikan pesan kepada peserta sumpah agar mampu mengabdikan ilmunya di tengah masyarakat dengan dorongan keislaman yang kuat.

“Dengan demikian, para dokter lulusan UIN Jakarta mampu mengintegrasikan keilmuan dengan keislaman, sekaligus menjadi ciri mahasiswa kedokteran UIN Jakarta,” harapnya. (Masduki Nursaid/lrf)