UIN Jakarta-Kemenlu Segera Luncurkan Buku Permata dari Surga

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Auditorium Utama, BERITA UIN Online Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta dan Direktorat Jendral Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri dijadwalkan meluncurkan buku Permata dari Surga: Potret Kehidupan Beragama di Indonesia di Auditorium Utama Harun Nasution, rabu (01/06). Buku ini menyajikan dan menunjukkan realitas keseharian kehidupan interaksi antarumat beragama dari sisi indahnya kerukunan dan toleransi di antara berbagai umat beragama di Indonesia sebagai fakta yang sudah lama mengakar dan merupakan pola yang lebih dominan.

Buku ini disusun oleh para penulis lintas fakultas di lingkungan UIN Jakarta, yakni Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA (Fakultas Dirasat Islamiyah), Prof. Dr. M. Ikhsan Tanggok, MA (Fakultas Ushuludin), Prof. Dr. Dien Madjid, MA, dan Dr. Rumadi, MA (Fakultas Syariah dan Hukum). Sementara editornya adalah Prof. M. Arskal Salim, GP., MA., PhD, Drs. Imam Subchi, MA, Wahdi Sayuti, MA, dan Mu’min Roup, MA.

Secara teknis, buku ini terdiri dari pendahuluan dan dua bagian pembahasan. Setiap bagian tersusun dalam lima bab pembahasan. Pada bagaian pendahuluan terdiri dari latar belakang, tujuan, ruang lingkup, kerangka pendekatan, dan struktur buku.

Bagian pertama tentang Kajian Teoritik Toleransi Dan Hubungan Antar Agama yang terdiri dari lima bab, diantaranya Pengertian Agama dan Unsur-unsurnya, Sejarah Masuknya Agama-agama Besar ke Indonesia, Toleransi Beragama dan Hubungan Agama-agama dengan Negara (Pancasila dan UUD 1945, Regulasi dan Institusi, Hubungan Antara Agama-agama, Toleransi dan Hubungan antar Umat Beragama), Faktor Pendukung Toleransi dan Hubungan antar Agama, dan Tantangan Toleransi dan Strategi Memperkuat Kerukunan Beragama.

Bagian kedua tentang Toleransi Dan Hubungan Antar Agama Tingkat Praksis yang terdiri dari lima bab, diantaranya di wilayah Jakarta, Jawa Tengah (Semarang), Bali, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat (Pontianak).

Buku ini diharap menginspirasi kalangan pemeluk agama di sejumlah wilayah Indonesia ataupun luar negeri yang masih belum dapat mengembangkan pola hubungan yang rukun, harmonis dan damai. Termasuk bagi para pemeluk agama di luar wilayah Republik Indonesia yang kerap dilanda konflik atas nama agama, dan sungguh menghendaki terwujudnya suasana yang aman, damai dan sejahtera di negara mereka. (njs)