international_student_exchange_uinjkt_2016PLKI, BERITA UIN Online— UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa (student exchange) yang akan berlangsung bulan Maret-April tahun ini. Universitas tujuan pertukaran mahasiswa ini adalah University of Western Sydney (UWS) Australia.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) UIN Jakarta, Rachmat Baihaky MA kepada tim Berita UIN Online, Senin (21/03).

“Program ini dilaksanakan dengan kampus luar yang telah melaksanakan kerjasama dengan UIN, tujuannya untuk pengembangan akademik mahasiswa, pengalaman belajar, memperluas wawasan, dan mengenalkan UIN Jakarta di kancah Internasional” paparnya.

Kuota untuk peserta kegiatan pertukaran mahasiswa ini direncanakan sebanyak 6 mahasiswa UIN Jakarta yang akan belajar di University of Western Sydney (UWS) Australia selama satu semester.

Pendaftaran program ini akan ditutup pada tanggal 31 Maret 2015, selanjutnya akan dilakukan interview dan test tulis bahasa Inggris bagi mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos pemberkasan.

“Pengumuman kelulusan akan diinformasikan pada awal Mei, dan untuk pemberangkatan dijadwalkan Juni tahun ini,” tambahnya.

Rachmat menambahkan, untuk tahun ini mahasiswa program pertukaran dibatasi untuk mahasiswa program sarjana (S1) semester III dan VI dari seluruh fakultas di UIN Jakarta.

“Di sana mereka akan mengambil 3 sampai 4 mata kuliah, karena setiap mata kuliah berbobot 6 sks,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mahasiswa yang berminat mengikuti program pertukaran mahasiswa ini diwajibkan melengkapi berbagai persyaratan, seperti surat transkip akademik, surat keterangan aktif kuliah, fotocopy kartu mahasiswa, sertifikat kelulusan tes TOEFL dengan skor minimal 550 atau IELTS 6.5, surat rekomendasi dari dosen atau kaprodi, surat keterangan sehat, dan foto copy pasport.

Selama kegiatan berlangsung, sejumlah kebutuhan ditanggung pihak UIN Jakarta. Di antaranya, tiket pulang pergi, visa, biaya kuliah satu semester, living cost, dan biaya akomodasi lainnya. Selanjutnya untuk biaya tinggal di asrama akan ditanggung oleh University of Western Sydney (UWS) Australia. (NJS)

Share This