Ruang Rektor, BERITA UIN Online – UIN Jakarta dan Kardan University Afghanistan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di bidang pengembangan akademik. Penandatanganan nasakh MoU dilakukan antara Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada dan Rektor Kardan University Roeen Rahmani di Ruang Rektor, Selasa (19/12/2017).

Acara penandatanganan MoU disaksikan Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani dan Duta Besar Indonesia untuk Afghanistan Dr Arief Rachman. Turut hadir dari UIN Jakarta Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Prof Dr Murodi, Kepala Lembaga Penelitin dan Pengabdian kepada Masyarakat Prof Dr Arskal Salim, dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Ali Mufraini.

Dalam naskah kerja sama tersebut, kedua belah pihak sepakat akan melakukan berbagai kegiatan yang saling menguntungkan dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan mutu akademik. Kerja sama kedua belah pihak di antaranya dalam bentuk pertukaran antarmahasiswa dan staf, memberi pembekalan bagi peningkatan layanan perpustakaan, pengajaran dan riset bersama, pengiriman dosen tamu, saling menukar bahan ajar, dan pemberian beasiswa.

Kerja sama antara UIN Jakarta dan Kardan University berlangsung selama lima tahun dan selanjutnya akan diperpanjang berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada dalam sambutannya berharap kerja sama dengan Kardan University akan memberikan dampak positif bagi pengembangan kelembagaan dan perluasan ilmu pengetahuan. Selain itu ia juga berharap UIN Jakarta dapat dikenal luas di Afghanistan sebagai salah satu negara penting di kawasan Asia.

“Kerja sama dengan universitas di Afghanistan bukan hanya kali ini saja. Sebelumnya, kerja sama yang sama dengan universitas berbeda di Afghanistan sudah banyak yang ditandatangani,” katanya.

Harapan yang sama juga dikemukakan Dubes Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani. Ia mengatakan negaranya akan terus memberikan dorongan kepada universitas untuk maju dan berkembangkan. Bahkan ke depan akan terus diperluas kerja sama dengan berbagai universitas lain di dunia.

“Saya kira kerja sama dengan UIN Jakarta merupakan langkah positif dan baik, tak hanya bagi Kardan University tapi juga bagi negara kami dan Indonesia akan semakin erat di masa mendatang,” ungkapnya. (ns)

Share This