UIN Jakarta dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menjalin kerjasama.

Ruang Sidang Utama, BERITA UIN Online—UIN Jakarta dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menjalin kerjasama. Kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan SDM, kelembagaan, dan keilmuan di sekolah-sekolah yang berada di lingkungan Kementerian Agama.

Hal demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Dr H Abdurrahman MA, saat memberikan sambutan sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan kerjasama tersebut, di hadapan Rektor UIN Jakarta, para Wakil Rektor, Dekan, para Wakil Dekan, para Kepala Biro, para Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, dan tamu undangan serta awak media kedua lembaga, Kamis, (06/07), bertempat di Ruang Sidang Utama, Gedung Rektorat.

Abdurrahman menambahkan, bahwa dengan kerjasama ini diharapkan mampu mendorong kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan Kemenag.

“Kami (Kanwil) senantiasa membuka diri untuk menerima ide-ide brilian dari sivitas akademika UIN Jakarta, demi memajukan SDM dan keilmuan di lembaga-lembaga pendidikan yang berada di lingkungan Kementerian Agama,” tandas Kakanwil.

Masih menurut Abdurrahman, bahwa selama ini kerjasama antar kedua lembaga sudah terjalin, namun belum diikat dalam perjanjian formal. Oleh karena itu, dengan penandatanganan ini, diharapkan kerjasama yang telah terjalin semakin meningkat sekaligus memperluas jaringan, sehingga terjadilah kerjasama yang simbiosis mutualisme.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada UIN Jakarta yang telah bersedia serta menyambut hangat kerjasama peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan Kementerian Agama ini,” tandas Abdurrahman.

Di tempat sama, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA  dalam sambutannya mengapresiasi kerjasama yang diinisiasi Kanwil Kemenag DKI tersebut. Dirinya berharap, dengan kerjasama tersebut, mampu meningkatkan kualitas keilmuan pada lembaga-lembaga pendidikan yang berada di lingkungan Kemenag.

“Sebuah langkah yang tepat kiranya, menjalin kerjasama dalam pendidikan dengan UIN Jakarta. Karena, UIN Jakarta saat ini sangat refresentatif dalam pengembangan bidang keilmuan. Selain itu, fakultas yang ada di UIN Jakarta 80 persen lebih telah terakreditasi ‘A’, tandas rektor.

Masih menurut Dede, sejatinya kerjasama ini dimaksudkan agar kualitas proses lebih ditingkatkan, sehingga akan mempengaruhi peningkatan kualitas hasil. Selain juga, kerjasama ini harus lebih meluaskan jejaring antar lembaga pendidikan.

“Kerjasama ini nantinya diharapkan mampu menjadi fasilitator pengembangan keilmuan bagi siswa, mahasiswa, guru (agen pembelajaran), dan dosen sebagai ilmuan yang mengajar. Dengan demikian, metode pengajaran akan senantiasa terbarukan (update) sesuai dengan zamannya,” pukas Dede mengakhiri sambutannya.

Sebagai informasi, pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, diakhiri dengan dilakukannya penandatanganan MoU antar kedua lembaga. (lrf)

 

 

Share This