UIN Jakarta Jadi Tuan Rumah Muswil III Ikahimatika Indonesia

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ikahimatika WIlayah IIIGedung Kemahasiswaan, Berita UIN Online– UIN Jakarta pada tahun ini berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan Musyawarah Wilayah (Muswil) III Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (Ikahimatika) Indonesia selama tiga hari pada 4 sampai 6 November 2016 di Wisma Kopertais UIN Jakarta.

“Ikahimatika adalah sebuah wadah pemersatu himpunan mahasiswa yang bergerak di bidang matematika di Wilayah III. Wilayah ini meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Kalimantan Barat yang menginduk pada Ikahimatika Indonesia,” ujar Ketua Pelaksana Fadillah Akbar sesaat sebelum menghadap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan di Gedung Kemahasiswaan, Selasa, (1/11/2016).

Pada pelaksanaan Muswil III yang kesebelas ini, lanjutnya, akan dilakukan pergantian kepengurusan yang baru (2017-2019) dari kepengurusan sebelumnya (2014-2016). Pergantian ini dimaksudkan agar Ikahimatika Indonesia Wilayah III tetap memiliki eksistensi dan kredibilitasnya dalam pendidikan, pengabdian, dan pembinaan sebagaimana tercantum dalam Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan bertema Build Your Own Puzzle With Your Own Shape ini akan diikuti oleh 72 pengurus Ikahimatika Wilayah III Indonesia, 75 perwakilan peserta dari Ikahimatika Wilayah III, 3 pembicara dari pengurus pusat Ikahimatika Indonesia, 5 undangan dari UIN Jakarta, dan 62 mahasiswa aktif Program Studi (Podi) Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FKIK) dan Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta.

Akan hadir pada acara tersebut Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak MA, Dekan FITK Prof Dr Ahmad Thib Raya MA, Dekan FST Dr Agus Salim MSi, Ketua Prodi Pendidikan Matematika FITK Dr Kadir MPd, Ketua Prodi Matematika FST Dr Nina Fitriyati MKom dan sejumlah pengurus Ikahimatika Indonesia dari kampus-kampus di propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Kalimantan.

Sebagai informasi, kegiatan ini tahun lalu telah diselenggarakan oleh Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak dan IKIP PGRI Pontianak yang menghasilkan kepengurusan periode 2014-2016.

Diketahui, Ikahimatika merupakan satu-satunya organisasi tingkat nasional yang menaungi himpunan mahasiswa matematika seluruh Indonesia. Organisasi ini didirikan di Bandung pada 10 Desember 1998. Anggotanya adalah himpunan mahasiswa matematika di seluruh Indonesia yang sudah terdaftar dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Tujuan organisasi ini menggalang kerja sama antar himpunan Mahasiswa Matematika di seluruh Indonesia untuk menjalankan fungsi sebagai mahasiswa dan membangun kultur tentang kematematikaan dan juga sebagai wadah pemersatu peran himpunan.

Perannya menyelenggarakan forum pertemuan untuk menelaah, membahas masalah yang dihadapi dalam usaha pengembangan matematika, mengaplikasikan bidang Matematika sejalan dengan kemajuan ilmu yang ada untuk masyarakat, menjalin kerja sama yang erat dengan organisasi yang sejenis, lembaga-lembaga dan instansi pemerintah maupun swasta. (mf)