UIN Jakarta Ikuti Pameran Pendidikan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Apristia Krisna Dewi

Gedung JCC, BERITA UIN Online - UIN Jakarta mengikuti pameran pendidikan dalam “20th Education and Training Expo 2011” yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) selama empat hari (3-6/2). Pameran dibuka Wakil Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr Fasli Djalal dan diikuti 95 peserta. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufiq Dani Mulyanto dan Presiden Direktur PT. Wahyu Promo Citra Moh. Sukur Sakka.

Dalam pameran tersebut, UIN Jakarta tak hanya giat mempromosikan kampus, tetapi juga memberikan informasi penting kepada para calon mahasiswa yang akan masuk UIN Jakarta tahun akademik 2011/2012.

“Sambil promosi, kami juga memberi informasi mengenai pendaftaran dan seleksi masuk UIN Jakarta bagi calon mahasiswa yang berminat,” kata Staf Humas Evanauli Aprillia.

Adapun yang dipromosikan UIN Jakarta yaitu program Strata (S-1) dan program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Untuk program S-1, UIN Jakarta memiliki 60 program studi  dari 11 fakultas yang meliputi enam fakultas agama dan lima fakultas umum. Fakultas agama yakni terdiri dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Ushuludin, Fakultas Adab dan Humaniolra, Fakultas Syariah dan Hukum, dan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Sedangkan fakultas umum meliputi Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Untuk program Pascasarjana, UIN Jakarta memiliki sekitar 32 bidang konsentrasi atau peminatan diantaranya adalah Pemikiran Islam, Filologi Islam, Manajemen Perbankan dan Keuangan Syariah, Ekonomi Syariah, dan sebagainya.

Selain mempromosikan program studi yang dibuka, UIN Jakarta juga memberikan informasi mengenai pendaftaran dan seleksi masuk bagi calon mahasiswa yang berminat. Untuk tahun ini, seleksi calon mahasiswa melalui lima jalur, yakni PMDK, Ujian Mandiri, SNMPTN, UMB PTAIN, dan Program Beasiswa Santri Berprestasi dengan total kuota penerimaan sekitar 4.000 orang.