UIN Jakarta Gelar Workshop Jurnalistik dan Kehumasan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Ruang Diorama, BERITA UIN Online – Untuk menumbuhkan budaya tulis menulis dan keahlian berkomunikasi di kalangan sivitas akademika, UIN Jakarta menggelar Workshop Jurnalistik dan Kehumasan di Ruang Diorama, Rabu (18/9). Kegiatan tersebut diikuti 97 peserta, terdiri atas karyawan dan mahasiswa yang mewakili unit atau lembaga masing-masing di UIN Jakarta.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Amsal Bakhtiar dalam sambutannya menyatakan, kegiatan workshop penting diadakan agar karyawan dan mahasiswa memiliki pengetahuan serta keterampilan memadai dalam bidang kewartawan dan kehumasan. “Kami berharap setiap pegawai dan mahasiswa mampu berperan sebagai humas untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dengan baik,” katanya.

Menurut Amsal, UIN Jakarta terus melakukan berbagai langkah pencitraan publik. Hal itu tak hanya dilakukan dalam bentuk pembenahan sarana fisik tetapi juga melalui sarana promosi lain seperti media. “Dalam bentuk fisik kita misalnya bisa tampilkan wajah kampus UIN Jakarta yang bersih dan gedung-gedung bagus. Dengan cara tersebut orang tentu akan lebih tertarik atau minat masuk kampus,” jelasnya.

Sementara dalam kaitan dengan publikasi dan pelayanan informasi publik, para pegawai diminta agar meningkatkan pengetahuan mengenai kampus UIN Jakarta. Sebab, dalam pelayanan informasi yang terkait dengan masyarakat, dibutuhkan pengetahuan memadai, seperti tentang program studi serta orientasinya.

“Jadi, mana mungkin kita dapat menjelaskan kepada masyarakat jika tidak memiliki pengetahuan sekitar dunia kampus,” tandas Amsal.

Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Dra Retih Indarsih yang juga ketua panitia menyatakan, peningkatan sumberdaya manusia UIN Jakarta melalui kegiatan workshop jurnalistik dan kehumasan diperlukan, baik di masa kini maupun di masa depan. Hal itu merupakan bentuk dari salah satu pembinaan pegawai agar mereka terampil dalam berbagai bidang keahlian, termasuk keahlian melayani dan memberikan informasi.

Workshop yang berlangsung sehari tersebut diisi oleh para narasumber ahli, seperti pakar kehumasan dan praktisi jurnalistik. Antara lain dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia Wahyuni Pudjiastuti, MSi, dosen Ilmu Komunikasi dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung Drs Haris Sumadiria, Pemimpin Redaksi BERITA UIN Nanang Syaikhu, dan Asisten Kepala Divisi Pemberitaan Media Indonesia Ade Alawi. (ns)