Gd. Syahida Inn, BERITA UIN Online— Bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Center for Economic and Democracy Studies (CEDES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarat menggelar Program Mentoring Wirausaha Muda Kampus di Syahida Inn, Rabu-Kamis (30/09-01/10). Program diharap bisa menjaring dan menumbuhkan wirausahawan muda mahasiswa di lingkungan UIN Jakarta.

Dekan FEB Dr. Arief Mufraini, Lc., M.Si mengungkapkan, program diharapkan menumbuhkan wirausahawan sarjana perguruan tinggi. Dengan basis keilmuan yang mereka peroleh di bangku kuliah, para sarjana menjadi sumber daya potensial untuk dicetak sebagai pelaku wirausaha.

“Dengan bekal pendidikan yang lebih baik, mereka sebetulnya memiliki kualifikasi lebih baik untuk dicetak sebagai profesional bisnis. Melalui program ini, kita berharap mereka bisa dicetak sebagai profesional itu,” ujarnya.

Sebagai catatan, dalam beberapa waktu terakhir banyak para mahasiswa dan sarjana yang memilih jalur wirausaha saat masih dan selepas kuliah di bangku sarjana. Tahun 2012 misalnya, tak kurang dari 4.725 orang dengan mayoritas mahasiswa dan sarjana menjadi peserta kegiatan Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Di saat yang sama, kegiatan Mandiri Young Technopreneur (MYT) menarik minat 1.292 orang dari 400 perguruan tinggi se-Indonesia menjadi peserta kegiatan.

Direktur CEDES Zaenul Ula menambahkan, penyelenggaraan kegiatan merupakan ikhtiar untuk melahirkan jutaan Wirausaha Muda Kampus. Dengan modal pendidikan tinggi, mahasiswa dan sarjana memiliki modal penting untuk menciptakan peluang usaha yang kreatif dan inovatif.

“Selain itu, tentunya kegiatan juga bisa membangun mindset dan skill mahasiswa agar lebih kreatif menciptakan lapangan kerja, sehingga nantinya tidak bergantung pada lapangan kerja formal,” paparnya.

Program Mentoring Wirausaha Muda Kampus sendiri diikuti puluhan mahahsiswa dari 20 Perguruan tinggi se-Jabodetabek. Mereka beroleh materi seperti bagaimana Menyusun Proposal Masa Depan, Etos, Etika dan Elan Vital, Mahasiswa Berwisausaha, Setrategi Memulai Usaha: “From Zero to Hero”, Teknik Pembuatan Proposal Usaha, hingga perizinan dan skema pembiayaan mandiri.

Terpisah, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengungkapkan, Gerakan Wirausaha Muda Kampus merupakan gerakan pemberdayaan mahasiswa untuk menjadi wirausahawanyang siap menghadapi tantangan global, seperti pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. (TAM)

Share This