UIN Jakarta Gelar Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online UIN Jakarta didukung PT. Pfizer Indonesia menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi sivitas akademik UIN Jakarta. Sejumlah layanan gratis itu berupa pemeriksaan tensi darah, kolesterol, dan konsultasi kesehatan.

Layanan gratis ini digelar selama dua hari, Rabu-Kamis (22-13/5/2013) di Gedung Rektorat Lt.1. Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 8.00 -15.00 WIB.

“Kalau periksa kolesterol di luar, biayanya mahal, kisaran Rp. 180 ribu,” ujar Dra. Lily Fakhriyah, Kepala Bagian Sistem Informasi (Kabag SI) yang turut antri dalam pemeriksaan kesehatan tersebut.

Menurutnya, momen ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh sivitas akademik UIN Jakarta untuk mengetahui kesehatannya, terutama yang mempunyai riwayat kesehatan buruk agar mendapatkan arahan dari dokter.

Mereka yang telah mendapat pemeriksaan kesehatan, akan mendapat rekam medis tentang kesehatannya. “Ukuran normal untuk tensi darah adalah 130/90. Untuk kolesterol, HDL (High Density Lipoprotein) yang dikenal dengan kolesterol baik harus di atas 40 dan LDL (Low Density Lipoprotein) yang dikenal dengan kolesterol jahat, harus di bawah 200,” terang dr. Sriharti Sumarno dari RS Syahida UIN Jakarta kepada salah seorang peserta.

Bagi perokok, lanjutnya, akan terjadi pengentalan darah sehingga darah sulit untuk mengalir ke jantung dan kepala. Akibatnya akan mudah lelah dan sering mengalami sakit kepala.

“Untuk antisipasi hal tersebut, perbanyak minum air putih, makan sayur-sayuran, olahraga seminggu tiga kali minimal lima menit, dan tinggalkan kebiasaan merokok,” imbuhnya kepada salah seorang peserta yang mengaku perokok.

Pada pukul 10.30 WIB, tercatat 90 orang yang sudah mendaftarkan diri dan mendapatkan layanan, termasuk di antaranya Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kelembagaan Dr. Jamhari, MA, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA, dan sejumlah pejabat, serta pegawai UIN Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, UIN Jakarta juga menggelar kegiatan donor darah yang bertempat di Aula Madya dan Aula Student Center selama dua hari.(Muhammad Furqon)