UIN Jakarta Gelar Konferensi Haji dan Umrah Internasional

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Nur Fitriyani

JCC, BERITA UIN Online – UIN Jakarta menyelenggarakan konferensi haji dan umrah internasional Sabtu (15/12) di Cedrawasih Room Jakarta Convention Center. Acara bertema Reframing Modern Hajj Organization: Lessons from Muslim Countries ini diisi oleh pembicara ahli dari mancanegara.

Pada konferensi sesi pertama, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat bertindak sebagai pembicara pembuka. Selanjutnya sebagai pembicara kunci Ketua DPR RI Dr Marzuki Alie. Dilanjutkan oleh Direktur Pengelolaan Dana Haji Dr Syariful Mahya Bandar, Direktur Al Maghribi Intitute Canada Mohamed El Sherief, dan CEO Pious Technologies Lebanon Sameer Ramadhan. Pada sesi kedua, bertindak sebagai pembicara Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta Prof Dr Azyumardi Azra, Konsultan Business Enterprise Partnership ITDA UK Fareed A. Eshky, Direktur World Hajj and Umrah Convention (WHUC) UK Mohsin Totla, dan Sekjen Ikatan Alumni Al-Azhar Indonesia Dr Muchlis M Hanafi.

Dalam pidato pembuka, Rektor UIN Prof Dr Komaruddin Hidayat mengatakan, dalam penyelenggaraannya ibadah haji melibatkan banyak sekali aspek. Di antaranya biaya, ekonomi, pengetahuan, pemerintah melalui berbagai departemen pun dilibatkan. Oleh karena itu konferensi ini sangat bermanfaat untuk melihat berbagai aspek haji yang selama ini kurang diperhatikan sehingga ke depannya dapat diperbaiki.

Acara yang terselenggara berkat kerja sama UIN Jakarta dengan World Hajj and Umrah Convention (WHUC) UK dan Alia Convex ini merupakan bagian dari rangkaian acara pada pameran Garuda Indonesia International Islamic Expo. Pameran bertema “The 8th Umra-Hajj & Islamic Tourism” ini berlangsung selama tiga hari (14-16/12) di JCC.

Konferensi ini ditutup secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) Dr Arief Subhan. Sebagai penutup Arief mengatakan, konferensi ini merupakan suatu usaha dari kita terutama UIN untuk memberikan sumbangan kepada pemerintah dalam konteks peningkatkan mutu penyelenggaraan haji dan umrah pada masa yang akan datang. Sejalan dengan tujuan ini, UIN Jakarta telah membuka Konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah di Fidikom dan selanjutnya akan dikembangkan menjadi program studi.

“UIN Jakarta juga telah merancang untuk membuka Hajj Research Center yang telah mendapat dukungan dari ketua DPR RI Marzuki Alie dan kebanyakan peserta konferensi,” katanya.