UIN Jakarta Galang Dana Kemanusiaan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Jakarta, BERITA UIN Online – Dalam rangka memperingati ulang tahun UIN Jakarta ke-11, Sosial Trust Fund (STF) menggelar malam “Gala Dinner” di sebuah hotel di Jakarta, Selasa (21/5). Acara tersebut dimaksudkan untuk mengumpulkan dana sosial dari para donatur, baik individu, kelompok masyarakat maupun perusahaan.

Acara penggalangan dana, antar lain, dihadiri Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, pengusaha Tanri Abeng, dan Direktur Utama Bank Mayapada Tahir. Selain dihadiri para pejabat dan pengusaha, juga digelar penampilan konser Dwiki Darmawan, Titiek Puspa, dan pembacaan puisi oleh penyair Taufik Ismail.

Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat menjelaskan, sebagai lembaga pendidikan tinggi UIN Jakarta tak hanya bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan yang bersifat akademis, tetapi juga memiliki peran dan tanggung jawab sosial melalui aksi nyata di masyarakat, seperti membantu masyarakat tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan atau dalam bentuk bantuan kemanusiaan lain.

“Namun demikian, peran dan tanggung jawab sosial kampus perguruan tinggi tersebut tak mungkin dicapai tanpa partisipasi serta bantuan dari para donatur yang berasal dari berbagai kalangan,” katanya.

Menurut Rektor, akses masyarakat untuk dapat melanjutkan pendidikan, termasuk ke perguruan tinggi, hingga kini masih belum merata. Akibatnya, tak sedikit di antara anak-anak pintar terpaksa harus berhenti sekolah atau tidak dapat melanjutkan kuliah, karena ketidakmampuan mereka secara ekonomi.

Rektor juga menegaskan, UIN Jakarta sudah lama melakukan berbagai kegiatan yang bersifat sosial sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat. Karena itu, kehadiran lembaga STF tak lain untuk mengukuhkan komitmen tersebut agar kontribusi UIN Jakarta kepada masyarakat dapat dilakukan secara luas, terarah, dan tepat sasaran.

“Lembaga ini bersifat nirlaba dan terbuka. Karena itu dana yang dikumpukan akan kembali ke masyarakat secara transparan dan akuntabel,” tandas Rektor.

Pada malam Gala Dinner tersebut, sejumlah perusahaan dan lembaga telah memberikan bantuannya. Antara lain dari Bank Mayapada sebesar Rp 500 juta dan Dompet Dhuafa sebesar Rp 100 juta ditambah beasiswa penuh untuk beberapa mahasiswa. (ns)