WhatsApp Image 2016-12-07 at 15.07.16

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA menyerahkan plakat kepada Rektor Ez-Zitouna University Tunis (EUT) Prof Hichem Grissa PhD usai pertemuan tindak lanjut kerja sama, Selasa (6/12/2016) di ruang Rektor UIN Jakarta.

Gedung Rektorat, Berita UIN Online– Rektor Ez-Zitouna University Tunis (EUT) Prof Hichem Grissa PhD didampingi Dekan Fakultas Ushuludin dan Direktur Ma’had Ali Ezzitouna University Prof Ilyess Goissem PhD menemui Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, Selasa (6/12/2016) di ruang rektor.

Pertemuan dimaksudkan untuk menindaklanjuti kerja sama UIN Jakarta-EUT yang sudah disepakati dalam Memorandum of Understanding (MoU) pada 2013 lalu ditandatangani Prof Dr Komarudin Hidayat (Rektor UIN Jakarta 2006-2015) dan Dr Abdul Jalil Salam (Rektor EUT 2013-2017)

Disebutkan dalam MoU bertanggal 12 Desember 2013 tersebut, kesepakatan yang akan menjadi bidang kerja sama yaitu di bidang pertukaran (pelajar, dosen senior, peneliti, akademisi, dan pegawai administrasi), penelitian dan seminar internasional bersama, pertukaran informasi akademik dan kerja sama di bidang lain yang disepakati kedua belah pihak.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA mengatakan, MoU tersebut masih berlaku hingga 2018 mendatang, sehingga tidak perlu mengadakan kesepakatan baru. Sebagai tindak lanjut, UIN Jakarta akan mengirim beberapa mahasiswa untuk belajar di EUT.

“Kita akan kirim beberapa mahasiswa untuk belajar di sana selama tiga atau empat semester, begitupula sebaliknya, diharapkan pihak EUT mengirimkan pelajarnya dengan komposisi yang sama,” ujar Dede.

Mahasiswa yang akan dikirim, lanjut Dede, mereka yang sudah memiliki bekal bahasa Arab yang memadai. Untuk itu, dihadirkan pada pertemuan tersebut Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) Dr Hamka Hasan Lc MA, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Prof Dr Ahmad Thib Raya MA dan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Prof Dr Syukron Kamil MA agar dapat segera direalisasikan.

“Tiga fakultas ini yang paling refresentatif untuk mengirimkan mahasiswanya ke EUT,” imbuh Dede.

Selain tiga dekan fakultas, turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Fadhilah Suralaga MSi dan sejumlah pejabat fakultas.

Diketahui, EUT adalah universitas modern yang terletak di Montfleury, Tunis. Didirikan pada 26 April 1956 oleh Zine El Abidine Ben Ali dengan 12.000 mahasiswa dan 90 fakultas, di antaranya Fakultas Teologi, Fakultas Studi Islam dan Peradaban Islam dan Fakultas Hukum Islam. (mf)

Share This