UIN Jakarta Dukung Perayaan Hari Nusantara 2013

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Merlyn Park Hotel, Berita UIN Online– UIN Jakarta mendukung perayaan Hari Nusantara 2013 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 14 Desember 2013 mendatang di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Untuk keperluan tersebut, Kemenparekraf mengundang humas sejumlah instansi pemerintah melalui Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) termasuk UIN Jakarta pada seminar Sosialisasi Perayaan Hari Nusantara 2013 di Hotel Merlyn Park, Jakarta Pusat pada Kamis, 19/9/13.

Wakil Menteri (Wamen) Parekraf, Dr Sapta Nirwandar menyatakan, potensi kekayaan laut nusantara sangat banyak sekali, maka harus dapat dimanfaatkan sebagai penunjang ekonomi masa depan bangsa. Namun Sapta menyayangkan karena semangat untuk menghidupkan potensi bahari kelautan nusantara untuk kekinian dan masa depan belum menggema.

“Perayaan Hari Nusantara ini diharapkan menjadi ajang pembangunan dan kreatifitas demi kemajuan bangsa dan negara melalui pemberdayaan potensi bahari Indonesia,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Sapta, untuk menyatakan pada dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi laut yang melimpah merupakan destinasi wisata bahari unggulan dunia. “Indonesia itu negara pariwisata terbesar se Asia Tenggara,” tandasnya.

Sapta berharap instansi pemerintah dan lembaga turut mendukung perayaan tersebut dengan menyosialisasikannya di instansi atau lembaganya masing-masing. “Syukur-syukur yang hadir di sini dapat kesempatan untuk datang pada perayaan puncak nanti,” tegasnya.

Disebutkan bahwa Hari Nusantara yang setiap tahun diperingati merupakan penekanan kembali pada Deklarasi Juanda 13 Desember 1957 yang menyatakan bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan wawasan nusantara.

Beragam kegiatan Hari Nusantara diadakan, di antaranya Indonesia World Underwater Photo Contest 2013, Indonesia Fishing Tournament, Pameran Ekonomi Kreatif, Lomba Kemaritiman, Seminar Kelautan Nasional, Pemilihan Putra Putri Kelautan, Parade Tari Nusantara, Wisata Kuliner, Perkemahan Bahari, Talkshow, Tanam Bakau, dan Bersih Laut.

Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom) Kemenparekraf, Drs Noviendi Makalam MA menambahkan bahwa sebelum acara puncak nanti, ada dua kapal laut TNI yang ikut memeriahkan acara tersebut.

“Satu kapal berangkat dari Sabang, satu kapal lagi berangkat dari Merauke, keduanya akan bertemu di Palu dengan membawa anak-anak muda dari setiap rute yang dilewati,” terangnya.

Pada puncak perayaan yang bertema “Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreatifitas Nusantara yang tak Terhingga” tersebut akan dihadiri Presiden RI beserta Ibu, dan sejumlah duta-duta besar negara sahabat. (Muhammad Furqon)